Kamus Digital Sebagai Sarana Hifdzul Mufrodah di Kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda

  • Muhammad Yamin
  • Annisa Malika Putri UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samainda
  • Rohimah Rohimah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samainda
  • Siti Chairunnisa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samainda
  • Muhammad Raihan Chaidar UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samainda
Keywords: Media pembelajaran berbasis teknologi, kamus digital

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang media pembelajaran bahasa Arab dalam bidang teknologi yaitu kamus digital. Dengan perkembangan teknologi pada masa sekarang sangat memungkinkan untuk mendapatkan informasi secara cepat, akurat serta efisien. Kamus digital adalah salah satu dari banyaknya teknologi yang sedang berkembang pada masa sekarang yang mana untuk memudahkan dalam menerjemahkan suatu kata atau kalimat.

Media pembelajaran berbasis teknologi saat ini dipilih sebagai salah satu solusi untuk dapat menambah wawasan dan kemampuan dalam berbahasa Arab atau hifdzul mufrodah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda terhadap media pembelajaran berbasis teknologi berupa kamus digital dalam pembelajaran bahasa Arab. Subjek penelitian ini adalah siswa, pengumpulan data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa wawancara dan observasi. Kemudian analisis dari penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan adalah smartphone yang menggunakan aplikasi kamus digital. Adapun kendala yang dihadapi secara internal dalam proses tersebut adalah gaya belajar siswa. Sedangkan secara eksternal kendala datang dari kekurangan fasilitas.

References

Ahmad Ridho, Kautsar Eka Wardhana, Ayu Sasadila Yuliana, Ikhwan Nuur Qolby, and Zalwana Zalwana. ‘Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0’. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 7, no. 3 (31 December 2022). https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.131.
Kautsar Eka Wardhana. ‘Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, no. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Vol. 1. No. 2, Maret 2022 (2022): 56–66. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917.
Notoatmodjo, and M M.A. ‘Metodologi Penelitian’. Rake Sarasin, 2018, 54–68.
Pimada, Luluk Humairo, and Muhammad Afif Amrulloh. ‘Penerapan Media Elektronik Pada Pembelajaran Bahasa Arab’. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (2020): 120–28. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.819.
Wahida, Besse. ‘Kamus Bahasa Arab Sebagai Sumber Belajar (Kajian Terhadap Penggunaan Kamus Cetak Dan Kamus Digital)’. At-Turats 11, no. 1 (2017): 58–71. https://doi.org/10.24260/at-turats.v11i1.870.
اصل, وحید حدادی؛وحید کریم خانی. No Title مقدمه ایی بر کاربرد فناوری در پلیمرها, 1386.
Published
2023-01-03
How to Cite
Yamin, M., Putri, A., Rohimah, R., Chairunnisa, S., & Chaidar, M. (2023). Kamus Digital Sebagai Sarana Hifdzul Mufrodah di Kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(3), 195-203. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i3.6388