Efektivitas Penggunaan Media Tiga Dimensi Pada Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Mujahidin Samarinda
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media tiga dimensi efektif pada hasil belajar ilmu Pengetahuan Alam di MI Al-Mujahdin Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen jenis quasi eksperimen desain model nonequivalent control group desaign. Teknik pengumpulan data melalui observasi,tes dan dokumentasi. Kemudian teknik pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan taraf kesukaran soal. teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis(uji t). Hasil yang diperoleh berdasarkaan penggunaan media tiga dimensi pada hasil belajar IPA materi ekosistem adalah dengan melihat hasil rata-rata pretest dan posttest dengan perolehan nilai pada kelas eksperimen yang menggunakan media yaitu kelas V A, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 36,96 dan nilai rata-rata posttest yaitu 84,56 hasil belajar kelas kontrol V B yang dijadikan kelas kontrol dengan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata sebesar pretest yaitu 40,43 dan nilai rata-rata posttest yaitu 71,95. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa penggunan media tiga dimensi efektif pada hasil belajar IPA di MI Al-Mujahidin Samarinda.
References
Abi Hamid, Mustofa.Dkk. Media Pembelajaran, Medan, Yayasan Kita Menulis,2020
Arianti, “peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” : Jurnal kependidikan, Vol. 12 No. 02, Desember 2018.
Ernawati, “Efektivitas Penggunaan Media Gambar Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III” : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Vol. 02 No. 02, 2017
Fadillah, Muhammad. Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoretik & Praktik (Cet. I; Jogjakarta, Ar-Ruzz Media, 2012.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bumi Aksar, 2007.
Helda Yolanda Penturi, “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris” : Jurnal l Ilmiah Kependidikan Vol. 4 No. 3, 2017.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta, Pustaka Belajar, 2011.
Rohmawati, Afiatu. “Efektivitas Pembelajaran : Jurnal pendidikan usia dini Vol. 9 edisi 1, h.16 tahun 2015.
Sadiman, Arif. Media Pendidikan, Jakarta, PT Raja Grafindo, 2002.
Supardi, Sekolah Efektif, Jakarta, PT raja Grafindo, 2013.