Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kutai Kartanegara
Abstract
Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kutai Kartanegara pertama kali dilaksanakan pada tahun 2021 bulan Oktober sampai 2023 sudah membuahkan hasil dengan melihat hasil nilai rapor dari tahun pertama terus meningkat setiap tahunnya sampai pada tahun 2023 mencapai CK 3 sesuai yang diharapkan pihak sekolah. Ini berarti pelaksanaan AKMI terutama pada literasi sains sangat efektif. Dalam menunjang pelaksanaan AKMI, guru juga telah menerapkan keterampilan literasi sains pada proses pembelajaran berupa silabus/modul di mata pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala sekolah, wali kelas 5 dan siswa. Uji keabsahan data melalui triangulasi tekhnik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Analisis data melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penerapan literasi sains di MIN 2 Kutai Kartanegara merupakan salah satu keberhasilan guru dalam menerapkan literasi sains pada proses pembelajaran. Kemampuan peserta didik sampai ke tahap CK 3 dan mencapai tingkat cakap serta terampil pada hasil rapor pelaksanaan AKMI merupakan keberhasilan dari kepala sekolah, waka kurikulum, staf TU, beserta guru yang sudah mampu mendukung penuh dari penerapan literasi sains walaupun dengan sarana dan prasarana terbatas. Oleh karena itu, MIN 2 Kutai Kartanegara diharapkan bisa menjadi referensi bahan perbaikan layanan pendidikan maupun dalam menyusun suatu rancangan pembelajaran untuk sekolah lain.
References
Agustiani, Eka Danti. “Guru IPA dan Calon Guru IPA Menghadapi Soal-Soal Berkarakter PISA.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3, no. 1 (2020): 67–86. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.237.
Alfansyur, Andarusni. “Seni Mengelola Data: Penerapan Tringulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial.” Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5, no. 2 (2020): 149.
Apsari, Nurul, dan Sastiawati Sastiawati. “Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Inkuiri.” Jurnal Pendidikan Dasar 9, no. 1 (21 Juni 2021): 37–45. https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.344.
Ardiansyah, Risnita, dan M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (1 Juli 2023): 4. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.
Arsyad, Hamdi, Nur Azlin, dan Sam‟un Mukramin. “Keluarga dalam Interaksi Misi Pendidikan (di Kelurahan Sungguminasa, Kab. Gowa).” Journal On Education 05, no. 02 (2023): 5396.
Bagou, Dewi Yulmasita, dan Arifin Suking. “Analisis Kompetensi Profesional Guru.” Jambura Journal of Educational Management 1, no. 2 (2020): 127.
Bararah, Isnawardatul. “Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Mudarrisuna, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 10, no. 2 (2020): 353–54.
Churri, Mohamad Ainul, dan Yudha Anggana Agung. “Pengembangan Materi dan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejujuran Teknik Audio Vidio untuk SMK Negeri 7 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2, no. 2 (2013): 803–4.
Dafit, Febrina, dan Zaka Hadikusuma Ramadan. “Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020): 1430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585.
Damayanti, Ni Wayan Sri, dan Ni Wayan Indah Setiawati. “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SDN 1 Cempaga.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia 5, no. 2 (2022): 120.
Dermawan, Heri, Rena Fadilah MaIik, Margiyono Suyitno, Ratna Ayu Pawestri Kusuma Dewi, Everhard Markiano Solissa, Akhmad Haqiqi Mahmun, dan I Putu Agus Dharma Hita. “Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan, Sains dan Tekhnologi 10, no. 1 (2023): 313–15.
Dwisetiarezi, Desi, dan Yanti Fitria. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (1 Juli 2021): 1960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1136.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.
Hamidi, Ali, Muhammad Syariful Anam, dan Firdan Fadlan Sidik. “Pengembangan Literasi Kataba Untuk Menunjang Pendidikan Berkualitas Perspektif Q.S Al-Qur’an Ayat 1-5.” Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 2, no. 2 (19 September 2021): 9. https://doi.org/10.47887/amd.v2i2.28.
Handayani, Susy. “Budaya Literasi Melalui Gesigeli (Gerakan Siswa Gemar Literasi).” Jurnal Social, Humanities, and Education Studies (SHES), SDN 1 Wonoboyo, 3, no. 4 (2020): 1041.
Hasasiyah, Siti Hardiyanti, Bagus Addin Hutomo, Bambang Subali, dan Putut Marwoto. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): 6.
Hidayat, Rahmat, dan Eva Fauzia Sri Hidayati. “Analisis Kebijakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Pada Satuan Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Primary Edu (JPE) 1, no. 2 (2023): 126.
Irsan. “Implementasi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Button, Indonesia, 5, no. 6 (2021): 5637.
Jayana, Thoriq Aziz, dan Mansur. “Konsep Pendidikan Literasi dalam Al-Qur’an : Telaah atas Penafsiran M.Quraish Shihab dan Hamka terhadap Surat Al-‟Alaq:1-5.” Ar- Rainry, Internasional Journal Of Islamic Studies, IAIN Madura, 8, no. 2 (2021): 188.
Jayanti, Mei Indra, dan Nurfathurrahmah Nurfathurrahmah. “Gerakan Penguatan LIiterasi Sains Melalui Praktikum IPA Sederhana SMPN 11 Kota Bima.” Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2023): 2–3. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i1.1220.
Jeprianto, Ubabuddin, dan Herwani. “Penilaian Pengetahuan Dalam Pembelajaran di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2021): 17–18.
Kementrian Agama RI. Modul Pembelajaran Literasi Sains Tindak Lanjut Pemaknaan Hasil AKMI Capai Kompetensi 1-5. Jakarta: Kemenag, 2023.
Kristyowati Reny, Agung Purwanto. “Pembelajaran Literasi Sains Melalui pemanfaatan Lingkungan.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Program Pascaserjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta, 9, no. 2 (2019): 186.
Kristyowati, Reny, dan Agung Purwanto. “Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9, no. 2 (23 Mei 2019): 186. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191.
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sentifikasi Guru. Revisi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.
Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, dan Muhammad Azhar Ma‟shum. “Pengaruh Tekhnologi dalam Dunia Pendidkan.” Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta, 18, no. 2 (2021): 94.
Muazizah, Rofik Nur.”Problematika Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Di MIN 1 Kabupaten Kendiri”( Kendiri, Institut Agama Islam Negeri, 2023).
Mukti, Fajar Dwi. “Integrasi Literasi Sains dan Nilai-Nilai Akhlak di Era Globalisasi.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 1 (26 Desember 2018): 314–15. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.18.
Nugraha, Dewa Made Dwicky Putra. “Hubungan Kemampuan Literasi Sains dengan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Elemetary, Pendidikan Guru Sekolah Universitas Dwijendra, 5, no. 2 (2022): 153.
Prahasti, Sela. “Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Digital Melalui E-Learning di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda.” Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, 2023.
Pratiwi, S.N, C Cari, dan N.S Aminah. “Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa.” Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) 9, no. 1 (2019): 36.
Purnomo, Budi. “Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 2, no. 2 (2017): 237–55. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6809.
Rahmawati, Diana Yulias, Aprilia Putri Wening, Sukadari Sukadari, dan Adilla Desy Rizbudiani. “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7, no. 5 (12 September 2023): 2874–75. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766.
Rini, Candra Puspita, Saktian Dwi Hartantri, dan Aam Amaliyah. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6, no. 2 (2021): 170. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15320.
Sandra K Abell. Cara Menulis Sains. Revisi. Jakarta: PT.Indeks, 2014.
Setiani, Rani. “Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Anak Kelas III di SDN 24 Kota Bengkulu.” Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022.
Susanti, Lisa Dwi, Agus Pahrudin, dan Yetri. “Analisis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI).” Journal Of Interdiscipliary Science And Education, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia, 1, no. 2 (2021): 18.
Susanti, Rini. “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Inkuiri.” Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, PG PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta, 8, no. 1 (2013): 32–33.
Susanto, Dedi, Risnita, dan M.Syahran Jailani. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah.” Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 1, no. 1 (2023): 56.
Suwandi, Roisyah Ashshaddiqah, dan Ayuk Adiana Supriyanti. “Analisis tingkat literasi sains siswa pada aspek konteks, konten, dan kompetensi dengan rasch.” Bio Pedagogi 10, no. 1 (2021): 29. https://doi.org/10.20961/bio- pedagogi.v10i1.51648.
Winata, Anggun, Sri Cacik, dan Ifa Seftia R.W. “Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa pada Konsep IPA.” Education and Human Development Journal, Fakultas Keguruan Iilmu Pendidikan, Univeritas PGRI Ronggolawe Tuban, 01, no. 01 (2016): 35.