Gambaran Infeksi Pediculus humanus capitis Terhadap Anak-Anak Di UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma

  • Noersyamsidar Sidar Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Suprihartini Suprihartini Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
Keywords: Kata Kunci: Pediculus humanus capitis, Kutu kepala, Kebersihan

Abstract

Pediculosis capitis merupakan suatu penyakit ektoparasit yang disebabkan oleh kutu kepala. Panti sosial merupakan salah satu contoh lingkungan yang sering terpapar Pediculus humanus capitis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kebersihan terhadap kejadian terinfeksinya Pediculus humanus capitis terhadap anak-anak yang ada di UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh anak yang berada di UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma. Teknik pengambilan sampling ini adalah total sampling yaitu sebanyak 57 anak. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian ini didaptakan hasil positif terpapar kutu kepala sebanyak 26 anak (45.6%). Tingkat kebersihan anak dalam kategori baik sebanyak 30 anak (52.6%) dan tingkat kebersihan kategori buruk sebanyak 27 anak (47.4%).

 

 

 

References

Elina, N. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Mengenai Pediculosis capitis Dengan Proporsi Terjadinya Pediculosis capitis Di Panti Asuhan Pembangun Didikan Islam Indomesia, Medan.

Massie, M. A., Wahongan, G. J. P., dan Pijoh, V. 2019. Prevalensi Infestasi Pediculus humanus capitis pada Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Langowan Timur. 24 - 27.

Rifqoh. dan Norsiah, W. 2017. Pediculosis capitis Dan Personal Hygiene Pada Anak SD Di Daerah Pedesaan Kotamadya Banjarbaru
Published
2022-11-27
How to Cite
Sidar, N., & Suprihartini, S. (2022). Gambaran Infeksi Pediculus humanus capitis Terhadap Anak-Anak Di UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 146-158. https://doi.org/10.21093/bjsme.v2i3.5972