Implementasi Kegiatan Kolase dalam Menstimulasi Perkembangan Anak

  • Nurwati Nurwati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ahmad Riyadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Indah Tri Cahyani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: kegiatan kolase, menstimusi perkembangan anak, anak usia dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan kolase dalam menstimulus perkembangan anak dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kegiatan kolase di di TK Purnama Loa Janan Ulu Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas B2B, guru kelas B3B serta anak-anak Tk Purnama Loa Janan Samarinda. Hasil penelitian dalam kegiatan kolase memiliki langkah-langkah sebagai berikut, pertama yaitu perencanaan, guru mempersiapkan RPPH, media, lembar catatan anekdot dan lembar ceklist perkembangan anak. Kedua yaitu pelaksanaan, guru mulai memberikan media kepada anak, arahan kepada anak dalam melakukan kegiatan kolase mulai dari langkah-langkahnya hingga saat akhir menyelesaikan kegiatan kolase. Ketiga evaluasi, anak bisa mengkomunikasikan kegiatan yang telah dilakukan, terampil menggunakan tangan kanan dan kiri nya, menghitung warna yang telah ditempel, mengelompokkan sobekan kertas origami, memahami bahasa reseptif, mengikuti aturan kelas, menampilkan hasil karya, menempel dengan menggunakan media kapas. Faktor-faktor pendukung dalam kegiatan kolase adalah Anak bebas berimajinasi, memiliki rasa percaya diri, adanya sarana dan prasarana serta penguasaan guru tehadap materi yang akan disampaikan. Sedangkan, faktor-faktor penghambatnya yaitu kondisi anak, seperti kegiatan pembelajaran yang mudah dan anak cepat bosan, persiapan yang tidak matang dan waktu yang terbatas.

References

Desmita, Psikologi Perkembangan, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005), hlm. 4
Devi, Fratnya Puspita. Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B2 di TK ABA Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. (Yogyakarta: 2014). diambil dari: http://eprints.uny.ac.id/13449/1/skripsi%20Fratnya%20Puspita%20Devi.pdf
F.J. Monks A.M.P Knoers. Ontwikkelings Psychology. terj. Siti Rahayu Haditono, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998), cet. 11, hlm. 1
Helmawati. Mengenal Dan Memahami AUD. (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2015), hlm. 41
https://www.merdeka.com/jatim/kolase-adalah-karya-seni-dua-dimensi-dari-berbagai-bahan-pelajari- selengkapnya-kln.html?page=all. diambil pada Tgl 31 Maret 2021 pada pukul 12.27
Suryanto, Wahyono, Aminah. Sukses Ulangan SD Kelas 2. (Jakarta: Pt Wahyumedia. 2009). 16
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspek. (Jakarta : Kencana PrenandaMedia Group, 2012)hlm 6
Wiratna, Sujarweni V. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah. (Yogyakarta : PUSTAKABARUPRESS, 2014) hlm. 19-20
Yus, Anita. Penilaian Perkembangan Belajar
Published
2021-09-04
How to Cite
Nurwati, N., Riyadi, A., & Cahyani, I. (2021). Implementasi Kegiatan Kolase dalam Menstimulasi Perkembangan Anak. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(1), 15-21. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/3704