Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. UNESCO menyebutkan Indonesia menempati peringkat ke dua terbawah mengenai literasi dunia. Central Connecticute State University, Indonesia menjadi pemegang rangking 60 dari 61 Negara terkait dalam hal ketertarikan untuk membaca, dibawah Negara Thailand yang menduduki peringkat 59. Kalimantan Timur menduduki peringkat ke- 4 di Indonesia. Dilihat dari data yang dimiliki oleh perpustakaan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, minat baca di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda harus terus ditingkatkan, guna memperoleh hasil yang lebih baik untuk kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca mahasiswa, serta mengetahui suasana minat baca yang ada di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian Mix Method jenis Sequential Exploratory. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik sederhana dan analisis data tunggal yang meliputi kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam menggunakan jasa layanan perpustakaan masuk ke dalam kategori memuaskan dengan presentase sebesar 78,07%. Selanjutnya suasana minat baca memperoleh kategori Tinggi dengan hasil presentase sebesar 66,66%. Jadi, secara keseluruhan hasil yang diperoleh dari data kualitatif diperoleh kategori memuaskan. Sedangkan data kuantitatif sebesar 73,64% yang mana termasuk dalam kategori tinggi.
References
Agus Rifai, “Perpustakaan Islam” (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)
Anis Zohriah, “Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa,” Jurnal Tarbawi, no. 2 (2016): 13-15
Dalman. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2017.
Dikominfo Kaltim, “Seputra Kaltim: Kaltim Peringkat 4 Indeks Literasi Membaca di Indonesia” accessed Mei 18, 2022, ttps://seputarkaltim.kaltimprov.go.id/2020/11/23/pemerintaan/kaltim-peringkat-4-indeks-literasi-membaca-di-indonesia/.
Djali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Fandy Tjiptono. Service Management: Mewujudkan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.
Hartono. Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Hikmat. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pusaka Setia, 2009.
Ibrahim Bafadal. Manajemen Perlengkapann Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Buki Aksara, 2008.
Imran, Berawi, “Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Perguruan Tinggi,” Jurnal Iqra, No 1 (2012)
John W. Creswell, J. David Creswell, Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches, Fifth Edication (Los Angeles: SAGE Publications, Inc, 2018.
Lestar D.Crow., Alice Crow. Psychologi Pendidikan, terj. Abd. Rahman Abror. Yogyakarta: Nur Cahaya, 1989.
Lexy. J Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Malayu Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksar, 2011.
Mochtar Effendy. Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: Bhatara Aksa, 1986
Nina Rahmayanty. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Rama Saidin, “Komunitas Baca Ruma Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupatem Luwu” accessed Mei 18, 2022, ttps://sg.docs.wps.com/l/sIOeQlb2kAe3TkZQG.
Rismayei, “Perpustakaan Perguruan Tinggi: Pedoman Pengelolaan Dan Standarisasi,” Jurnal Ilmu Budaya, no. 2 (2013)
Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development Cet ke-3. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Susilo. Metode Penelitian Bidang Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, Yogyakarta: Karya Publisher, 2013.
Syaiful Bahri Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008)
Wiji Suwarno. Organisasi Informasi Perpustakaan. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Zakiyah Daradjat, dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Copyright (c) 2022 FENOMENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.