Desain Pendidikan Karakter Islami melalui Model Keteladanan Rasulullah di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Padangan Bojonegoro
Abstract
Program pendidikan yang diterapkan di Indonesia salah satunya adalah pendidikan karakter dengan tujuan untuk membentuk watak, moral dan perilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai ataupun norma-norma yang menjadi ciri khas kultur bangsa Indonesia. Untuk itu perlu adanya penguatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dan aktivitas sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasikan desain pendidikan karakter Islami melalui model keteladanan Rasulullah pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain pendidikan karakter Islami dilaksanakan dalam upaya mengimplementasikan nilai-nilai keteladanan Rasulullah melalui sifat wajib bagi rasul dalam pembelajaran Akidah Akhlak, baik secara klasikal maupun kegiatan di luar kelas. Sifat tersebut adalah shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah telah direncanakan sejak penyusunan visi, misi, dan tujuan madrasah. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan sistem berjenjang mulai dari kegiatan Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Tahun, dan Ujian Madrasah.
References
Achmat, Mubarok. “Strategi Peningkatan Pembelajaran Melalui Manajemen Boarding School (Studi Kasus di SMP ‘Aisyiyah Boarding School Malang).” Jurnal Murabbi 3, no. 2 (2018): 229–47.
Ahyar, Hardani, Universitas Sebelas Maret, Helmina Andriani, Dhika Juliana Sukmana, Universitas Gadjah Mada, M.Si. Hardani, S.Pd., Grad. Cert. Biotech Nur Hikmatul Auliya, dkk. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, 2020.
Ali, Kemas Mas’ud. “Integritas Pendidikan Agama Islam terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.” Tadrib II, no. 1 (2016).
Amrizal, Muhamad Ali, Nurhattati Fuad, dan Neti Karnati. “Manajemen Pembinaan Akhlak di Pesantren.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3602–12.
Ansori, M. “Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2020.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
Asrul, Rusydi Ananda, dan Rosinta. Evaluasi Pembajalaran. Ciptapustaka Media, 2014.
Choli, Ifham. “Problematika Pendidikan Karakter Pendidikan Tinggi.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2020): 55–66. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.831.
Creswell, John W. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4 ed. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2019.
Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Dharma, Kusuma, dan Dkk. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Dirjen Pendis Kemenag RI. Ensiklopedia Islam Nusantara. Disunting oleh Suwendi; Mahrus; MU. Aziz Hakim; Zulfakhri Sofyan Pono. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, 2018.
Fatmah, Nirra. “Pembentukan Karakter dalam Pendidikan.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 29 No (2018): 369–87. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602.
Ghony, M. Djunaidi, Sri Wahyuni, dan Fauzan Almanshur. Analisis dan Interpretasi Data Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Refika Aditama, 2020.
Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Indarta, Yose, Ambiyar, Agariadne Dwinggo Samala, dan Rolal Watrianthos. “Mtaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3351–63.
Kadar, M. Tafsir Tarbawi Pesan -Pesan Al Quran Tentang Pendidikan. Jakarta: PT Amzah, 2013.
Lickona, Thomas. Education for Character (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Lutfiana, Rose Fitria, Aflahul Awwalina Mey R, dan Trisakti Handayani. “Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Karakter 12, no. 2 (2021): 174–83. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.35499.
M. Hadi Purnomo. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Disunting oleh Ach. Barocky Zaimina. Pertama. 2017: Bildung Pustaka Utama, 2017.
Madrasah, Direktorat KSKK. “KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Implementasi Kurikulum pada Madrasah,” 2019.
Masruri, Hadi, Imron Rossidy, dan Muhammad Amin Nur. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi dan Kerukunan Beragama, 2016.
Menteri Agama. Peraturan Menteri Agama No 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam (2014).
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah,” 2016.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosda Karya, 2019.
Mudassir, Mudassir. “Pengembangan Sumber Daya Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Kabupaten Bireun.” Jurnal Ilmiah Didaktika 16, no. 2 (2016): 255. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.599.
Mustafida, Fita. Pendidikan Islam Multikultural. Depok: RajaGrafindo Persada, 2020.
Nadzir, M. “Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2013.
Nafiuddin. “Memahami Sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW Perspektif Bisnis Syariah.” Institut Agama Islam Shalahuddin al-Ayubbi Bekas 6, no (2018).
Nurhayati, Ifa. “Akulturasi Nilai-nilai Pendidikan Islam ke dalam Budaya Lokal di Desa Ngadas Poncokusumo Malang.” Universitas Islam Malang, 2021.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun. “Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” Standar Nasional Pendidikan, no. 1 (2005): 1–95.
Piscanda, Deta. “Dampak Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Madrasah Tsanawiyah Jauharul Ihsan Kota Jambi.” Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.
Puldri, Mhd. Aulia Firman. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Bercerita Di Sd N 07 Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar.” al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 5, no. 1 (2017): 61. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i1.816.
Rahman, Kholilur. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” tarbiyatuna: kajian pendidikan islam 2, no. 1 (2018): 1–14.
Rizkiani, Anisa. “Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Penelitian di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut).” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 06, no. 01 (2012): 10–18.
Rohendi, Edi. “Pendidikan Karakter di Sekolah.” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 3 (1) (2010).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 27 ed. Bandung: Alfabeta, 2019.
Sukmadinata, Nana S. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Bandung: Rosda Karya, 2020.
Sulaeman. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh, 2017.
Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grafindo, 2002.
Warto. “Relevansi Wahyu terhadap Ilmu Pengetahuan Modern Studi Islam Pendekatan Sains: Pendahuluan Islam adalah agama ilmu pengetahuan, yang mengeluarkan manusia” 20, no. 2 (2018): 129–44. https://doi.org/10.21580/ihya.20.2.3018.
Wiyono, Dwi Fitri. “Pemikiran Pendidikan Islam: Konseptualisasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Intelektual Islam Klasik.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 3 (2017): 164–79. https://doi.org/10.31538/ndh.v2i3.180.
Yuberti. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan, 2014.
Yusri, Diyan. “Pesantren dan Kitab Kuning.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (2020): 647–54. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v6i2.605.
Copyright (c) 2025 FENOMENA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.