Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis di MTs Darussalam Samarinda

  • Areta Nur Fajriyah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ity Rukiyah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Habib Anwar Al Anshori Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Rezza Nur Rahman SMK TI Pratama Samarinda
  • Ika Ayulanda SDN 007 Samarinda
Keywords: Model Pembelajaran, Market Place Activity, Hasil Belajar

Abstract

Penggunaan model pembelajaran oleh sebagian guru masih belum tepat dan inovatif sehingga masih terdapat siswa yang bersifat pasif ketika pembelajaran berlangsung, hal ini mengakibatkan siswa yang pasif tidak berusaha untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru jika ini terus berlanjut maka akan berdampak negatif pada hasil belajar siswa yang dibuktikan dari perolehan hasil belajar beberapa siswa yang masih belum mencapai batas nilai minimum sekolah yaitu 75. Jenis penelitian ini kuantitatif pre-eksperimental dengan pendekatan one grup pre-test post-test design. Tempat penelitian yaitu MTs Darussalam Samarinda. Jumlah sampel yang digunakan 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji T) dengan paired sample test bahwa didapatkan nilai Asymp.sig sebesar 0,000 < sig α (0,05). Artinya, terdapat efektivitas model pembelajaran market place activity dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Adapun, efektivitas yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebesar 71,14% yang termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan dari hasil analisis pre-test (61) dan post-test (88) penggunaan model pembelajaran market place activity terdapat perbedaan yang signifikan yang dimana nilai post-test hasil belajar pada siswa lebih tinggi dari pada nilai pre-test. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang tinggi dari model pembelajaran market place activity dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Darussalam Samarinda.

References

Alvia, Indriani. “Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK N 3 Purwokerto Kabupaten Banyumas.” Skripsi, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri, 2022.

Arden Simeru, Torkis Natusion, Muh Takdir, Sri Siswati, Wilda Susanti, Wawan Karsiwan, Karmila Suyani, Rudi Mulya., John Friadi. dan Weni Nelmira. Model-model Pembelajaran. Penerbit Lakeisha, 2023.

Asmuni, Asmuni. “Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI MS-1 SMA Negeri 1 Selong.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 8, no. 1 (2018).

Berger, Roland, dan Martin Hänze. “Impact of Expert Teaching Quality on Novice Academic Performance in the Jigsaw Cooperative Learning Method.” International Journal of Science Education 37, no. 2 (22 Januari 2015).

Dayono, Muhammad Bayu Firmansyah, Choirul Anwar, Fina Nur Faizah, M. Syarifuddin Ahzab, Evi Kurniawati, Moh Nitro, dkk. Konsep dan Aplikasi Landasan Pendidikan dalam Sekolah Penggerak. Lembaga Academic & Research Institute, 2022.

Djaali. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta Timur: Bumi Aksara, 2021.

Eni Fariyatul Fahyuni, Nurdiansyah. Buku Model Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

Evita, Evita, Ahmad Syahid, dan Nurdin Nurdin. “Understanding Students’ Learning Outcomes Differences Through the Application of the Market Place Activity Type of Cooperative Learning Model and the Application of Conventional Learning Models.” International Journal Of Contemporary Islamic Education 1, no. 1 (5 November 2019).

Fitriyani, Tatik, dan Iman Saifullah. “Analisis Kurikulum Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah.” Jurnal Pendidikan UNIGA 14, no. 2 (2020): 355–71.

Irwan, Irwan. “Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity Berbantuan Internet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Kelas Viii Smpn 3 Lembang Kab. Pinrang.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 1 (2017): 54–67.

Jaya, I. Made Laut Mertha. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia, 2020.

Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron, dan Taofan Ali Achmadi. Metode Penelitian Kuantitatif. Pertama. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Qibtiyah, Lia Fahrunnisa. “Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti di SMKN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan,” 2019.

Sofyan, Edy, dan Santi Virgantyani. “Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP PGRI 1 kota Cimahi.” Journal of National Awareness Civil Society 7, no. 1 (2021).

Suhirman. Konsep dan Implementasi Penelitian Pembelajaran Kooperatif. Samudra Biru, 2018.

Wina Sanjaya. Paradigma Baru Mengajar. Kencana, 2017.
Published
2024-06-03
How to Cite
Fajriyah, A., Rukiyah, I., Al Anshori, H., Rahman, M. R. N., & Ayulanda, I. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis di MTs Darussalam Samarinda. FENOMENA, 16(1), 1-10. https://doi.org/10.21093/fj.v16i1.9105