Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda

  • Sapri Yanti SDN 003 Teluk Pandan
  • Ika Ayulanda SDN 007 Samarinda
  • Muhammad Rezza Nur Rahman SMK TI Pratama Samarinda
Keywords: Efektivitas, Media, Video Pembelajaran, Hasil Belajar, PAI

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 36 Samarinda dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih banyak belum mencapai nilai KKM dilihat dari hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) I. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media video pembelajaran efektif atau tidak terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal, serta daya pembeda yang diuji dengan bantuan aplikasi IBM SPSS version 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi daripada rata-rata nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam tanpa menggunakan media video pembelajaran. Hasil posttest uji independent sample t-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka bisa dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda.

References

Abu Yahya Marwan bin Musa, “Tafsir Al-Qur’an Hidayatul Insan”, dalam www.tafsir.web.id. Diakses 19 Mei 2023.

Endang, Sawitri. Teknologi dan Media Pendidikan dalam Pembelajaran. Pasuruan: Ayra Luna, 2019.

Munir. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Riyadi, Ahmad. “Dasar-Dasar Ideal dan Operasional dalam Pendidikan Islam”. Dinamika Ilmu. Samarinda, 2011.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem PembeIajaran Learning. Jakarta: Kencana, 2015.

Sholehatin dan Wirdati. “Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama”, dalam JurnaI Pendidikan IsIam edisi no. 3, VoI. I, 2021.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuddin dan Nurcahya. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar”, dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika edisi no. 1, Vol. I, 2018.
Published
2024-06-07
How to Cite
Yanti, S., Ayulanda, I., & Rahman, M. R. N. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda. FENOMENA, 16(1), 11-23. https://doi.org/10.21093/fj.v16i1.9106