Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda

  • Muhammad Husaini Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Husni Idris Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhamad Agil Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Rezza Nur Rahman SMK TI Pratama Samarinda
  • Ika Ayulanda SDN 007 Samarinda
Keywords: Fiqih, Hasil Belajar, Quizizz

Abstract

Pembelajaran Fiqih yang terlalu monoton dan hanya bertumpu pada pembelajaran konvensional membuat para siswa menjadi bosan. Quizizz menjadi salah satu aplikasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII MTs Negeri Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimental dengan pendekatan kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Purposive Sampling dan diambil 64 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, hasil tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik dengan metode uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney, diperoleh nilai Asymp. Sig. 0,000 < signifikansi 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Besaran pengaruh yang dihasilkan dapat dilihat pada uji Mann Whitney Signed Ranks didapatkan bahwa terjadi pengaruh ke arah positif dengan peningkatan rata-rata sebesar 46,53 dan peningkatan hasil sebesar 1489,00. Skor uji N-Gain yang didapatkan sebesar 90,9%, berarti terdapat efektivitas yang tinggi setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Quizizz.

References

Abidin, Zaenal. Fiqh Ibadah. Deepublish Publisher, 2020.

Afriani, dan M. Zakariah. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2020.

Ahmad, Herlina, Abdul Latif, dan Ahmad Al Yakin. Media Quizizz Sebagai Aplikasi Assessment Pembelajaran. Nas Media Pustaka, 2021.

Al Haddar Gamar dan Maulana Adam Juliano. Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (2021)

Alfianika, Ninit. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Arrozaaq, Hemas Ayu Puspita dan Novi Trisnawati, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP SMK Ipiems Surabaya pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran”, Jurnal Pendidikan dan Konseling, (2022)

Batubara, Hamdan Husein. Media Pembelajaran Digital. PT Remaja Rosdakarya, 2021.

Milfin, Delvi, ”Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa” (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Arjasa Jember Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Konsep dan Metode Perhitungan Pendapatan Nasional Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023)”. Skripsi, Universitas Jember, 2022.

Munawar, Anjar, ”Pengaruh Penggunaan Media Game Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar”. Skripsi, IAIN Kediri, 2022.

Priadi, Median Agus, Afif Rahman Riyanda, dan Desi Purwanti. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal IKRA-ITH Humaniora (2021).

Rahman, Muhammad Rezza Nur, Ahmad Riyadi, Darwis, dan Imroh Atul Musfiroh. “The Effect of Using Quizizz on Students’ Learning Motivation in MAN 2 Samarinda.” Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo 5, no. 1 (2024): 77–90. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.7715.

Selviana, Fenny, Muinah, dan Ratih Handayani, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Statistika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kotabumi Tahun Ajaran 2020/2021”, Jurnal Griya Cendikia (2022)

Setyoningtyas, Nur Maulani, Dyah Astriani, dan Ahmad Qosyim. Efektivitas e-modul Berbasis Pendekatan Deduktif Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains (2022)
Published
2024-06-11
How to Cite
Husaini, M., Idris, H., Agil, M., Rahman, M. R. N., & Ayulanda, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. FENOMENA, 16(1), 24-30. https://doi.org/10.21093/fj.v16i1.9107