Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Komik Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad Karya Tim Liqomik

  • Ika Ayulanda SDN 007 Samarinda
  • Muhammad Said Husin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Abdul Basith Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Rezza Nur Rahman SMK TI Pratama Samarinda
Keywords: Komik, Liqomik, Nilai-nilai, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran nilai-nilai pendidikan Islam dalam membangun generasi yang berakhlak mulia. Nilai-nilai pendidikan Islam bisa didapatkan dari sumber belajar mana saja, salah satunya yaitu buku dalam bentuk komik. Terdapat komik yang ditulis oleh Tim Liqomik yang berkecimpung dalam dakwah melalui karya sastra. Tim Liqomik menulis komik yang berjudul Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad yang merangkum cerita-cerita yang bersumber dari dakwah Ustadz Abdul Somad. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam komik Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad Karya Tim Liqomik dengan mengacu pada nilai-nilai pendidikan Islam yakni, nilai akidah, nilai syari’ah/ibadah, dan nilai akhlak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu buku komik Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad Karya Tim Liqomik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan content analysis, dan teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik ketekunan dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai akidah, nilai syari’ah/ibadah dan nilai akhlak secara keseluruhan terdapat dalam buku komik Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad Karya Tim Liqomik. Terdapat 27 naskah dialog yang diklasifikasikan, dan ditemukan 16 naskah dialog yang mengandung nilai akhlak, 4 naskah dialog yang mengandung nilai syari’ah, dan 7 naskah dialog yang mengandung nilai akidah.

References

Achmad, Mudlor. Etika dalam Islam. Surabaya: Al-Ikhlas, 1993.

Fauzan, Akhmad et.al. Gugusan Aksara Edukasi. Bojong: PT. Nasya Expanding Management, 2022.

Al-Banjari, Rachmat Ramadhana. Prophetic Leadership. Yogyakarta: Diva Press, 2008.

Ali, Muhammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Arifin. “Nilai-nilai Pendidikan Islam”, dalam Siti Rofiah, Integrasi Kurikulum Berbasis Sains dan Nilai-nilai Keislaman. Bojong: NEM, 2021.

Robiatul, Awwaliyah dan Hasan Baharun. “Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional” dalam Jurnal Ilmiah Didaktika edisi no. 1, Vol. XIX, 2018.

Baihaqi, Akhmad. “Adab Peserta Didik terhadap Guru dalam Tinjauan Hadits” (Analisis Sanad dan Matan)”, dalam Jurnal Tarbiyatuna edisi no.1 Vol. IX, 2018.

Borba. “Nilai Kebaikan”, dalam Margareta Rety Pramesti dan Gregorius Ari Nugrahanta, Mengembangkan Kebaikan Hati Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: CV. Resitasi Pustaka, 2020.

Evanirosa. Metode Penelitian Kepustakaan. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2022.

Frimayanti, Ade Imelda. “Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam” dalam Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam edisi no. 2, Vol. VI, 2015.

Fitrianor, M. “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pelaksanaan Akikah dan Tasmiah di Kel. Baamang Hulu Kec. Baamang Kab. Kotim”, dalam Jurnal Studi dan Masyarakat edisi no. 1, Vol. VI, 2012.

Hudhana, et.al. Metode Penelitian Sastra Teori dan Aplikasi. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia, 2019.

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akidah Islam. Yogyakarta: LPII, 2007.

Living values Education Activities for Young Adults. “Happiness” dalam https://www.livingvalues.net/happiness/. Diakses pada 09 November 2022.

Muhmidayeli. Membangun Paradigma Pendidikan Islam. Pekanbaru: PPs UIN Suska Riau, 2007.

Qomar, Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005.

Nurhasanah, Neneng et.al. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Amzah, 2018.

Nurmaliah, Yayah. “Pendidikan Agama Islam Pluralis” di dalam Buku Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Publica Indonesia Utama, 2021.

Nursi, Bediuzzaman Said. “Nilai Akhlak” dalam Afriantoni, Prinsip-prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Bediuzzaman Said Nursi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Somad, Abdul. A Note from Cairo. Camel Boss: Depok, 2020.

Hayati, Syifa et.al,. “Pemikiran dan Aktivitas Dakwah Ustadz Abdul Somad Melalui Media Sosial Youtube” dalam Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. 2020.
Published
2024-06-17
How to Cite
Ayulanda, I., Husin, M., Basith, A., & Rahman, M. R. N. (2024). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Komik Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad Karya Tim Liqomik. FENOMENA, 16(1), 31-47. https://doi.org/10.21093/fj.v16i1.9108