Analisis Implementasi Kebijakan dan Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di SDN 013 Palaran

  • Muhammad Rezza Nur Rahman SMK TI Pratama Samarinda
  • Ahmad Ridani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ika Ayulanda SDN 007 Samarinda
Keywords: Implementasi, Kebijakan, Pendidikan Islam, Strategi

Abstract

Kebijakan pendidikan Islam yang diimplementasikan tentu merupakan hal yang kompleks, sehingga pelaksanaannya harus terus dipantau dan dievaluasi agar berjalan lancar. Adanya faktor-faktor komunikasi, sumber daya manusia, disposisi, dan struktur di dalam sekolah dapat menyebabkan implementasi kebijakan pendidikan Islam tidak berjalan lancar, termasuk di lingkungan SDN 013 Palaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pendidikan Islam dan strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SDN 013 Palaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dihasilkan dari data wawancara, kemudian dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kebijakan pendidikan Islam di SDN 013 diimplementasikan melalui pembelajaran PAI BP berdasarkan kurikulum merdeka, yang didukung dengan program-program lainnya di luar pembelajaran. Strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SDN 013 akan melibatkan seluruh civitas academica beserta orang tua siswa untuk memaksimalkan kebijakan pendidikan Islam di sekolah.

References

Arwitaningsih, Ria Putranti, Befika Fitriya Dewi, Eggi Mega Rahmawati, dan Khuriyah Khuriyah. “Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Ranah Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hadi Mojolaban Sukoharjo.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (2023): 450–68.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. “Kualitas.” Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Vol. VI Daring. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kualitas.

Creswell, John Ward, dan J. David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Fifth Edition. Los Angeles, United States of America: Sage Publications, 2018.

Dewanti, Erisa Nada, Farid Setiawan, Majelis Rena Tobasa, dan Pemi Ediansyah. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia.” Anwarul: Jurnal Pendidikan dan Dakwah 2, no. 4 (2022): 316–24. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i4.494.

Ermanovida, Syarifuddin, Aulia Utami Putri, Retna Mahriani, dan Gatot Budiarto. Strategi Implementasi Kebijakan Kuliah Daring Masa Pandemi Covid-19 dengan Menerapkan Teknologi Digital Dalam Proses Pembelajaran PKN di Universitas Sriwijaya. Disunting oleh Nur Imanti, Ummi Mardhotillah, Asina Widiawati, dan Sania Fatricia. Palembang: Bening Media Publishing, 2021.

Fauzi, Ahmad. “Analisis Biaya Mutu Dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan.” Jumpa: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (28 Februari 2020): 51–62.

Fiantika, Feny Rita, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mouw, Jonata, dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: Global Eksekutif Teknologi, 2022.

Giantara, Febri, dan Reni Amiliya. “Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai Bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis).” Madania: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 11, no. 2 (2021): 86–96.

Harmita, Dwi, Fina Sofiana, dan Alfauzan Amin. “Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam.” JPDK: Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 5 (2022): 2195–2204.

Hasanah, Nurhandayani, Muhammad Amin Nur, Siti Alfiyana Rahmatillah, Darwisa, dan Kusfa Hariani Putri. “Analisis Faktor Penghambat dan Upaya untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 3 (2024): 3162–69. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3769.

“Implementation.” Dalam Merriam-Webster Dictionary. Merriam-Webster.com, 2024. https://www.merriam-webster.com/dictionary.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Qur’an Kemenag. Qur’an Kemenag in Microsoft Word. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, 2022. https://quran.kemenag.go.id/.

Madjid, Abd. Analisis Kebijakan Pendidikan. Disunting oleh Alviana Cahyanti. Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.

Maghfuri, Amin. “Analisis Politik dan Kebijakan Pendidikan Islam pada Awal Orde Reformasi (1998-2004).” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 1 (2020): 14–26. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.614.

Maulida, Ali, Muhamad Priyatna, dan Unang Wahidin. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Perspektif Mastuhu: Studi Analisis Perspektif Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2019): 453–67.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Second Edition. Thousand Oaks, California: Sage Publications, 1994.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. Arizona, United States of Ameria: Sage Publications, 2013.

Noprika, Mia, Ngadri Yusro, dan Sagiman. “Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2020): 224–43. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99.

Presiden Republik Indonesia. Pemerintahan Daerah, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 § (1999).

———. Pemerintahan Daerah, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 § (2004).

———. Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 § (2007).

———. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta, 2003.

Purnomo, Singgih Aji. “Pengembangan Mutu Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Penerapan ISO 9001:2008 pada SMK Swasta Ma’arif NU 1 Ajibarang Provinsi Jawa Tengah.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 124–46. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.78.

Rifa’i, Moh. “Kebijakan Pendidikan Islam dalam Era Otonomi Daerah.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (26 Januari 2017): 99–114.

Rozi, Anang Fahrur, Rosy Alfiana Dewi, Ikhyaul Khoiri Fatah, Mahmud, dan Madekhan. “Urgensi Pendidikan Islam Non-Dikotomi di Era Society 5.0.” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 92–102. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.782.

Sidiq, Umar, dan Wiwin Widyawati. Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Disunting oleh Ahmad Choirul Rofiq. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

Syafaruddin, Mesiono, dan Aziddin Harahap. “Implementasi Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan dalam Peningkatan Pemahaman Terhadap Kitab Suci Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022). https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/1440.

Yunitasari, Dukha, Ida Bagus Putu Arnyana, dan Nyoman Dantes. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Dasar (Definisi, Aktor Pelaksana, Arena/Konteks, Jenis, dan Langkah Kebijakan Pendidikan Dasar).” JPPI: Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 9, no. 3 (2023): 1506–15.
Published
2024-06-21
How to Cite
Rahman, M. R. N., Ridani, A., & Ayulanda, I. (2024). Analisis Implementasi Kebijakan dan Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di SDN 013 Palaran. FENOMENA, 16(1), 48-60. https://doi.org/10.21093/fj.v16i1.9109