Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam Multikultural di SMPN 38 Samarinda

  • Muhammad Rezza Nur Rahman SMK TI Pratama Samarinda
  • Ika Ayulanda SDN 007 Samarinda
  • Ahmad Ridani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Implementasi, Multikultural, Pendidikan Islam, Problematika, Strategi

Abstract

Keberagaman di Indonesia rentan menimbulkan permusuhan, fanatisme radikal dan ekstrem, serta perpecahan dan konflik, sehingga diperlukan pemahaman keberagaman agama, budaya, dan ras, yang diajarkan dalam pendidikan keagamaan berbasis multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi kebijakan pendidikan Islam multikultural di SMPN 38 Samarinda, problematika dalam implementasi tersebut, serta strategi untuk menguatkan kebijakan pendidikan Islam multikultural di SMPN 38 Samarinda. Penelitian lapangan dilakukan dengan mencari data hasil wawancara dan observasi oleh peneliti yang kemudian dipahami secara deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldaña dengan tahapan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi kebijakan pendidikan Islam multikultural di SMPN 38 Samarinda terlihat dari misi dan tujuan sekolah, adanya ruang keagamaan yang dapat digunakan oleh setiap pemeluk agama, serta dilaksanakannya pembelajaran agama dari pendidik yang seagama. Problematika dalam kebijakan tersebut umumnya terkait sumber daya manusia, tidak adanya aturan tertulis, dan finansial lembaga. Strategi dalam menguatkan kebijakan pendidikan Islam multikultural di SMPN 38 Samarinda dengan memaksimalkan potensi Rohis, seleksi non akademik bagi peserta didik, dan perayaan hari besar keagamaan.

References

Alwi, M. Habib, dan Wiene Surya Putra. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia.” Journal of International Multidisciplinary Research 2, no. 1 (2024). https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr/article/download/31/235.

Anandari, Anatansyah Ayomi, dan Dwi Afriyanto. “Konsep Persaudaraan Dan Toleransi Dalam Membangun Moderasi Beragama Pada Masyarakat Multikultural Di Indonesia Perspektif KH. Hasyim Asy’ari.” Religi: Jurnal Studi Agama-Agama 18, no. 2 (2022): 64–86.

Anwar, Khoirul. Pendidikan Islam Multikultural: Konsep dan Implementasi Praktis di Sekolah. Disunting oleh Saeful Anam. Lamongan: Academia Publication, 2021.

Creswell, John Ward, dan J. David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Fifth Edition. Los Angeles, United States of America: Sage Publications, 2018.

Dali, Zulkarnain. “Pendidikan Islam Multikultural.” Nuansa 10, no. 1 (2017): 9–14. https://doi.org/10.29300/nuansa.v10i1.629.

Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Disunting oleh Nurgaya Pasa. Jakarta: Kencana, 2016.

Fiantika, Feny Rita. “Konsep Dasar Penelitian Kualitatif.” Dalam Metodologi Penelitian Kualitatif, 1–17. Padang: Global Eksekutif Teknologi, 2022.

Fiantika, Feny Rita, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mouw, Jonata, dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: Global Eksekutif Teknologi, 2022.

Firtikasari, Melsya, dan Dinda Andiana. Pendidikan Multikultural. Garut: Cahaya Smart Nusantara, 2024.

Hidayati, Tika Nurul, Edo Arma Yoga, Muhammad Dicky Khoirullah, dan Asiyah Asiyah. “Problematika Pendidikan Islam Multikultural.” Innovative: Journal of Social Science Research 4, no. 3 (2024): 11381–90.

Idi, Abdullah. Pendidikan Islam Multikultural. Disunting oleh Safarina HD dan Shara Nurachma. Depok: Rajawali Pers, 2021.

Khojir. “Moderasi Pendidikan Pesantren di Kalimantan Timur.” Ta’dib 23, no. 1 (2020): 95–106. https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.1945.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Qur’an Kemenag. Qur’an Kemenag in Microsoft Word. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, 2022. https://quran.kemenag.go.id/.

Madjid, Abd. Analisis Kebijakan Pendidikan. Disunting oleh Alviana Cahyanti. Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Second Edition. Thousand Oaks, California: Sage Publications, 1994.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. Arizona, United States of Ameria: Sage Publications, 2013.

Mutiara, Eka Ariya, Afridha Laily Alindra, Kana Febriani, Rahmah Nafiisah, Ranisa Devi, Sintia Ulhaq, dan Yulia Rahmawati. “Dinamika Kebijakan Pendidikan Multikultural dalam Konteks Sekolah Dasar Kristen Mendorong Toleransi Beragama dan Penerimaan Keberagaman.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024): 3040–47.

Presiden Republik Indonesia. Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 § (2007).

———. “Penetapan Presiden Republik Indonesia Nomor 1/PNPS Tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama.” Penetapan Presiden Republik Indonesia. Jakarta, 27 Januari 1965.

———. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta, 2003.

Rois, Achmad. “Pendidikan Islam Multikultural: Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8, no. 2 (2013): 301–22. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.301-322.

Saihu. “Pendidikan Islam Multikulturalisme.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam 1, no. 2 (2018): 170–87. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i2.8.

Saleh, Sirajuddin. Analisis Data Kualitatif. Disunting oleh Hamzah Upu. Bandung: Pustaka Ramadhan, 2017.

Sidiq, Umar, dan Wiwin Widyawati. Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Disunting oleh Ahmad Choirul Rofiq. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

Sudur, Suaidi, Minnah El Widdah, dan Yumesri. “Implementasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam dalam Pendekatan Praktis.” Innovative: Journal of Social Science Research 4, no. 4 (2024): 13375–91.

Wahab, Abdul Jamil. Harmoni di Negeri Seribu Agama. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

Yunitasari, Dukha, Ida Bagus Putu Arnyana, dan Nyoman Dantes. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Dasar (Definisi, Aktor Pelaksana, Arena/Konteks, Jenis, dan Langkah Kebijakan Pendidikan Dasar).” JPPI: Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 9, no. 3 (2023): 1506–15.

Zain, Hefni. Pendidikan Islam Multikultural: Telaah Nilai, Strategi, dan Model Pendidikan di Pesantren. Disunting oleh Erfan Efendi. Bantul: Lkis Pelangi Aksara, 2020.
Published
2024-06-25
How to Cite
Rahman, M. R. N., Ayulanda, I., & Ridani, A. (2024). Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam Multikultural di SMPN 38 Samarinda. FENOMENA, 16(1), 61-73. https://doi.org/10.21093/fj.v16i1.9110