Implementasi Kebijakan Pendidikan Era Pandemi pada Madrasah di Kalimantan Timur

  • Muhammad Iwan Abdi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nadia Nadia UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Implementasi Kebijakan Pendidikan, Pendidikan Era Pandemi, Madrasah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field work research) yang mengambil lokus penelitian pada madrasah di tiga wilayah Kalimantan Timur, yakni. Paser, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara. Penelitian ini menggali implementasikan kebijakan pendidikan era pandemic berdasarkan pada KEPMENDIKBUD Nomor 719/P/2020 tentan Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus dan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor B-937/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/05/2020, tentang Kurikulum Darurat pada Madrasah. Kurikulum darurat merupakan bentuk kurikulum yang didesain untuk masa darurat yang disepakati oleh pemerintah pusat dan daerah, selanjutnya dalam pelaksanaannya pihak satuan pendidikan diberikan keleluasaan dalam mengembangkannya dengan mempertimbangkan kondisi siswa di wilayah masing-masing. Berdasarkan temuan lapangan penulis, maka dapat ditarik simpulan, bahwa implementasi kebijakan pendidikan era pandemic di Kalimantan Timur mencakup tiga hal, yakni pertama, pemahaman madrasah dan guru tentang kurikulum pada masa darurat yang didalamnya meliputi, pemahaman konsep, modifikasi kurikulum, layanan pendidikan, dan fleksibilitas pengembangan kompetensi siswa. Kedua, langkah-langkah pembelajaran pada masa darurat, meliputi perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, berkaitan dengan asesmen atau penilaian berbasis taksonomi yakni kognitif, afektif dan psikomotorik.

References

Maranting Halik S., Muh. Arif, dan Abdurrahman R. Mala, “Implementasi SNP dalam Meningkatkan Daya Saing MIN 1 Gorontalo”, Jurnal Tadbir Vol. VIII Nomor 2 Tahun 2020.
Syamsuar dan Refianto, “Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industr 4.0”, Jurnal E-Tech, Vol. VI Nomor 2 Tahun 2018.
Winarti dan Suyadi, “Pelaksanaan Model Discovery Learning Jerome Bruner pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta”, Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial dan Agama, Vol. 12 No. 2 Tahun 2020.
Dawam, Ainunrrafiq & Ta’arifin, Ahmad, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Sapen: Listafariska Putra, 2004.
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2012.
Fatah, Nanang, Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.
Gorton, Richard A and Scheineder, Gail Thierbach , School Based Leadership: Challenges and Oppurtunities, New York: Wm.C. Brown Publisher, 1991.
Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA, Cet. IV; 2010.
Hasbullah, H.M., Kebijakan Pendidikan (Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia), Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Irianto, Yoyon Bahtiar, Kebijakan Pembaruan Pendidikan : Konsep, Teori dan Model, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Jihad, Asep & Haris, Abdul, Evaluasi Pembelajaran, Yogjakarta : Multi Pressindo, 2012.
Kemendikbud Nomor 719 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.
Mudjia Rahardjo, Pemikiran Kebijakan Pendidikan Kontemporer, Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Permendikbud Nomor 719 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.
Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2004.
Sanjaya, Wina, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikilum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Prenada Media Group, 2005.
Septikasari, Resty dan Nugraha, Rendy, “Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar”, Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VIII Edisi 02 2018, hlm 108.
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini, Teori Belajar dan Pembelajaran Cet II, Bogor : Ghalia Indonesia, 2011.
SK Dirjen Pendis Tahun 2020 tentang Kurikulum Darurat pada Madrasah
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengendalian Mutu Sekolah Menengah, Bandung: Refika Aditama, 2003
Syagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2008.
Tilaar, H.A.R dan Nugroho, Riant, Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2022-12-01
How to Cite
Abdi, M., & Nadia, N. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Era Pandemi pada Madrasah di Kalimantan Timur. FENOMENA, 14(2), 151 - 170. https://doi.org/10.21093/fj.v14i2.9687