TATA KELOLA APLIKASI MICROSOFT WORD DALAM PENYUSUNAN LAPORAN PRAKERIN

  • Agus Santoso SMK Muhammadiyah Loa Janan
  • Nurhamdani Nurhamdani SMK Muhammadiyah Loa Janan

Abstract

Masalah yang paling umum dan sering ditemukan pada pembelajaran tahun 2023/2024 di SMK Muhammadiyah Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, yang pertama yaitu, kurangnya pemahaman tentang pengaturan dokumen seperti pengaturan ukuran kertas, orientasi halaman, margin, dan header/footer, maka dalam perihal ini bisa membuat tampilan laporan menjadi tidak konsisten sesuai dengan format yang diinginkan. Kedua, terkait tata letak yang tidak tepat sehingga menghasilkan tata letak yang berantakan sehingga sulit dipahami oleh pembaca. Ketiga, kesulitan menggunakan fitur word dengan efektif seperti daftar isi, daftar tabel, dan daftar gambar secara tepat sehingga dapat menyebabkan laporan menjadi kurang terorganisir. Kesulitan keempat dalam menyisipkan grafik dan gambar. Kelima, kekurangan konsistensi dalam gaya penulisan, penggunaan heading. Maka hal ini dapat mengganggu alur laporan dan membuat laporan itu sulit dipahami. Keenam, kesulitan dalam mengelola lampiran seperti apa yang harus disertakan dilampiran, bagaimana memformatnya, dan di mana menempatkannya dalam dokumen. Metode yang digunakan, menggunakan pseducode dengan dimulai dari tahapan pengenalan, tahap kontekstualisasi, tahap aksi, tahap refleksi dan tahap tindak lanjut. Dengan pendekatan penelitian eksperimental .

References

Abdul Hadi, Herkules, Catharina Elmayantie, Veny Cahya Hardita, Lili Rusdiana, Elsa Monica Putri, I. N. L. S. (2024). Pelatihan Aplikasi Komputer (Microsoft Word) Bagi Staf dan Perangkat Desa Bahu Palawa. Jurnal Pengabdian Kolaborasidan Inovasi IPTEKS, Volume 2(No 2), 398–404.
Afrizal Dwi Candra, Diki Purnomo Aji, Fathurrahman, H. A. K., & Himmatul Ulya Al Makassari, M. Syukur, N. R. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Office Word Sebagai Upaya Peningkatan Skill Di SMK ASSAADAH. Abdi Jurnal Publikasi, Vol. 1(No. 6), 529–533.
Anasputri, T. N., Zulfariansyah, M., & Kuncoro, Y. (2023). Aplikasi Monitoring Pelanggaran Siswa Berbasis Web di SDN 003 Samarinda. Journal of Social Computer and Religiosity (SCORE), Vol.1, No.(Bulan 5), 56–62. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/score/issue/view/344
Bakhri, A. S. (2021). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word Pada Siswa Kelas XII Smk Texar Karawang. Abdimas : Sistem Dan Teknologi Informasi, Vol. 01(No. 02), 7–11.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). Sage Publications.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan , Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Meredeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Lindawati , Irma Salamah, Asriyadi, M. F. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Sdn 130 Palembang Melalui Pelatihan Komputer Menggunakan Aplikasi Microsoft Word. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 3(Nomor 2), 41–46. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/2057/1034
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. In Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (pp. 10–12). Sage Production Editor Rebecca Holland.
Ridho, Ahmad Yuliana, Ayu Sasadila Zalwana, S. (2024). Komunikasi Di Dunia Pendidikan Di Era Digital. Journal of Social Computer and Religiosity (SCORE), Vol.2, No.(Bulan 3), 1–11. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/score/issue/view/401
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. In Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D (p. h. 33-34.). Alfabeta.
Published
2024-09-19