PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM PERENCANAAN KARIER MAHASISWA KPI UINSI SAMARINDA

  • Amrina Rosyada Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: perencanaan karir, instagram, mahasiswa

Abstract

Penggunaan media sosial, khususnya instagram, telah menjadi bagian integral dari kehidupan mahasiswa, termasuk dalam konteks perencanaan karier. Namun, pemahaman mendalam mengenai efektivitas dan kendala penggunaan instagram dalam konteks perencanaan karier masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana instagram digunakan oleh mahasiswa untuk membangun jejaring profesional, mencari informasi terkait karier, dan mempersiapkan langkah awal dalam perencanaan karier. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam upaya mahasiswa untuk merencanakan karier mereka.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sumber data pada penelitian ini yaitu Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data terhadap data hasil penelitian agar kredibel dan dapat dipercaya dengan menggunakan teknik triangulasi metode atau teknik (methodological triangulation). Adapun teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimulai dari mahasiswa merencanakan kariernya, kemudian dilanjutkan menjadi beberapa tahap yaitu tahap kognitif mahasiswa menggunakan instagram untuk mengakses informasi karier, tahap afektif mahasiswa menerapkan pengetahuan ke dunia nyata, di tahap integratif individu instagram digunakan untuk membagikan portofolio dan mengembangkan personal branding, kemudian terakhir di tahap integratif sosial, instagram memungkinkan kolaborasi dan interaksi dengan orang lain.

Published
2025-09-01