UPAYA SOCIAL COMPARISON DALAM PEMBENTUKAN CITRA DIRI PADA PENGGUNA INSTAGRAM

  • Gadang Satria Permana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: social comparison, instagram, citra diri

Abstract

Teknologi informasi di era 5.0 memudahkan komunikasi dan akses informasi. Media sosial, terutama instagram sangat populer di Indonesia, menurutĀ  Cindy Mutia Annur, Indonesia menempati posisi ke 4 yakni sebanyak 89,15 juta pengguna. Instagram digunakan oleh remaja dan dewasa muda untuk komunikasi, melakukan personal branding dan membangun relasi sosial. Namun, media sosial juga bisa memicu pemikiran berlebihan (overthinking), depresi, perasaan insecure dan FOMO. Khususnya usia 18-24 tahun, sering membandingkan diri dengan orang lain, yang dapat memotivasi peningkatan diri atau menimbulkan perasaan insecure. Citra diri yang terbentuk di media sosial sangat mempengaruhi kehidupan sosial dan gaya hidup pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya social comparison dalam pembentukan citra diri pada pengguna instagram.

Jenis penelitian ini menggunakan adalah kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data ialah observasi dan wawancara. Informan pada penelitian ini peneliti menggunakan beberapa kriteria yang telah ditentukan sesuai latar belakang serta fokus kepada tujuan penelitian yang sesuai di bidang komunikasi. Penelitian ini menggunakan snowball sampling sebagai teknik pengumpulan informan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan sosial di kalangan mahasiswa KPI UINSI Samarinda mendorong mereka untuk membandingkan diri. Citra diri yang dibangun oleh mahasiswa KPI UINSI Samarinda terdapat 6 citra diri antara lain, model hijab, content creator, master of ceremony, voice over talent, influencer, dan motivator. Citra diri tersebut, terbangun dari perbandingan sosial yang dilakukan dengan melalui tahap perceptual, conceptual, dan attitudinal.

Published
2025-09-12