APLIKASI MONITORING PELANGGARAN SISWA BERBASIS WEB DI SDN 003 SAMARINDA

  • Muhammad Zulfariansyah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur
  • Trie Nurkharisma Anasputri Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur
  • Yohan Kuncoro Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur
Keywords: web based application, Pelanggaran, Aplikasi Monitoring

Abstract

 Monitoring adalah suatu bentuk pengawasan terhadap suatu objek, monitoring disuatu menajemen Pendidikan merupakan suatu bentuk pengawasan terhadap kualitas pendidikan. Pada SDN 003 Samarinda terdapat bimbingan konseling dimana mempunyai peran sebagai monitoring kepribadian dan tingkah laku siswa dalam lingkungan sekolah. Banyaknya data yang digunakan untuk mengetahui perkembangan siswa didik dan pemrosesan data yang masih manual mulai data siswa dan data pelanggaran sehingga membutuhkan waktu untuk menganalisa data pelanggaran siswa, serta sering terjadi kesalahan dalam pelaporan data pelanggaran siswa. Aplikasi monitoring pelanggaran siswa ini diharapkan dapat membantu dalam monitoring pelanggaran siswa. Guru bimbingan konseling dapat mudah menganalisa dan mengetahui perkembangan siswa dari data pelanggaran .Selain itu siswa juga dapat mengakses system informasi ini sebagai bahan introspeksi siswa untuk berbuat lebih baik lagi. Sistem informasi ini menggunakan aplikasi berbasis web yang dimana nantinya dapat memudahkan guru dan siswa serta orang tua murid dalam hal memonitoring pelanggaran. Aplikasi yang dirancang terdiri dari beberapa halaman, diantaranya halaman login, data siswa, data pelanggaran, input data siswa, dan input data pelanggaran.

References

Dharwiyanti, Sri. 2003. Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain. Yogyakarta: Andi.
Islamia, Ismi. 2013. Pengertian, Perbedaan White Box dan Black Box Testing. http://ismimiitsme.blogspot.com/2013/10/pengertian-dan-perbedaan-whitebox.html (diakses pada 30 September 2020).
Kristanto. Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, edisi revisi. Yogyakarta: Gava Media.
Kustiyahningsih. Y. Dan Anamisa D. R. 2011. Pemrograman Basis Data berbasis Web menggunakan PHP dan MyQSL. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ibrahim, Adzikra. 2017. Pengertian Sekolah dan Fungsi Sekolah. https://pengertiandefinisi.com/pengertian-sekolah-dan-fungsi-sekolah/ (diakses tanggal 30 September 2020).
Ilham, Mughnifar. 2020. 14 Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Terlengkap. https://www.materi.carageo.com/pengertian-siswa-menurut-para-ahli/ (diakses pada tanggal 30 September 2020).
Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Yakub. 2012. “Pengantar Sistem Informasi”, 1st edisi. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Yatimah, Dorotul. 2009. Kesektariatan Modern dan Administrasi Perkantoran. Pustaka Setia, Bandung.
Published
2023-05-17