PEMANFAATAN PIPPA (PUSAT INFORMASI PONDOK PESANTREN ALHIDAYAH) DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMAN DI PONDOK PESANTREN ALHIDAYAH TENGGARONG

  • Syahrial Syahrial Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Dieni Minhajuhayati Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Sistem Informasi Manajeman, Pondok Pesantren.

Abstract

Peran penting Informasi sudah memasuki semua ranah. termasuk dalam bidang pendidikan formal dan non formal,tidak terkecuali juga di dalamnya pesantren. Dengan adanya sebuah sistem yang mampu mengelola informasi secara terstruktur diharapkan dapat mempermudah penyusunan informasi manajemen sekolah,  dalam hal ini, pondok pesantren agar dapat dikelola dengan baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja pemanfaatan PIPPA dalam SIM di pondok Pesantren Alhidayah Tenggarong. Jenis penelitian ini adalah field work research dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penyajian data, penulis menggunakan model analisis interaktif Milles and Huberman, dengan alur reduksi data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil  penelitian diketahui bahwa PIPPA dikelola oleh tim berjumlah tiga orang. PIPPA dalam pemanfaatannya  memiliki tujuh komponen dari delapan sistem komponen yang harusnya ada dalam SIM sekolah. Tujuh Komponen yang ada adalah Sistem Informasi Profil Pesantren, Sistem Informasi Personalia, Sistem Infromasi Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Santri , Sistem Informasi Akademik, dan Sistem Pembelajaran berbasis Elektronik/Internet .

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Putra, 1998.
B. Marjani, Alwi. “Pondok Pesantren: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 16, no. 2 (2013).
Darwis, Anwar, dan Hilal Mahmud. “Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 2, no. 1 (25 April 2017). https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.444.
Heryanto, Drs. “Pendekatan Sistem Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika” 1 (2008): 10.
Honkis. “Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Sekolah Dasar Pilar Bangsa Untuk Meningkatkan Layakan Pendidikan.” Upi 26, No. 2 (Oktober 2017): 51.
Lestari, Puji. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Smk Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap” 5 (2017): 8.
P Siagian, Sondang. Sistem Informasi Manajeman. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Setiawan, Ahmad Bagus, dan Juli Sulaksono. “Sistem Informasi Manajeman Santri di Pondok Pesantren Al Ishlah Kota Kediri.” Network Engineering Research Operation 4, no. 2 (2 Mei 2019). https://doi.org/10.21107/nero.v4i2.122.
Sulanam. “Pemanfaatan Sistem Informasi Sulanam.pdf” 12, no. 1 (2009).
Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (16 Mei 2017): 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097.
System, easy. “Sistem Informasi Manajeman (SIM) S ekolah.” SIM (blog), 2020. https://sim.easystem.co.id/.
Undang Undang No.18 , pasan 6, tahun 2019., t.t.
Zulhimma. “Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesia.” Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 01, No. 02 01, no. 02 (2013): 17.
Published
2023-09-25