RANCANG BANGUN SISTEM SELEKSI ELEKTRONIK UJIAN MANDIRI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (SSE UMAN-PTKIN)

  • Basrie Basrie Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Sistem Informasi, cbt, online

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk sistem seleksi pendaftaran calon Mahasiswa Baru secara online pada UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu waterfall dengan tahapan sebagai berikut: 1) Requirements and definition; 2) System and Software Design; 3) Implementation and Unit Testing; 4) Integration and System Testing; 5) Operation and Maintenance. Teknologi yang digunakan untuk membangun sistem yaitu menggunakan framework Codeigniter 3 dan admin LTE. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini yaitu terbangunnya sistem seleksi calon Mahasiswa baru dengan system Computer Best Test (CBT), serta mempermudah panitia UMAN-PTKIN dalam melakukan Pendataan dan pelaporan ke Pimpinan

References

Mariana, A. R., & Saprujiah, S. (2021). Rancang Bangun Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web di SMP Mutiara Bangsa Kemiri. JURNAL TREN BISNIS GLOBAL, 1(2), 90-93.
Sudiwijaya, E., Amalia, A., & Febrian, R. (2021). Pameran Foto sebagai Promosi Sekolah untuk Mengekspos Kegiatan Belajar Mengajar selama Pandemi. Sinergi Komunikasi, 1(1), 23-31.
Muhaimin, M., Saputro, H., & Mahendra, D. (2022). PERANCANGAN APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MTS NU TBS BANAT. Biner: Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, 1(2), 122-125.
Susanti, M. V. (2021). Penerapan Metode Waterfall Pada Rancang Bangun Aplikasi P2DB Di Smk Dewantara Cikarang Menggunakan PHP Dan MySQL. Jurnal Informatika Simantik, 6(2), 9-17.
Nurhuda, A. (2022). Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru MADRASAH Aliyah Miftahul Ulum Anggana. Jurnal Informatika Wicida, 11(1), 1-4.
Kurniadi, R., Riki, C., & Nurkamilah, M. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan berbasis Web dengan Menggunakan Framework CodeIgniter. Formosa Journal of Science and Technology, 1(5), 507-518.
Wicaksono, M., Rudianto, C., & Tanaem, P. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Arsip Surat Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(2). https://doi.org/10.28932/jutisi.v7i2.3664
Sidik, B. (2018). Framework CodeIgniter: Menggunakan Framework CodeIgniter 2. x untuk Memudahkan pengembangan Pemrograman Aplikasi WEB dengan PHP 5.
Hariyanto, A. (2017). Membuat Aplikasi Computer Based Test dengan PHP MySQLi & Bootstrap. Yogyakarta: Lokomedia.
Published
2023-09-22