KOMUNIKASI DI DUNIA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL
Abstract
Komunikasi adalah proses menyampaikan ide-ide pengirim kepada penerima pesan melalui media tertentu untuk menumbuhkan pemahaman di antara mereka. Penerima pesan mungkin terpengaruh dalam beberapa cara oleh informasi yang disampaikan. Seiring berjalannya waktu, dunia mengalami perubahan yang sangat pesat dalam perkembangan teknologi dan informasi yang signifikan dari masa ke masa yang disebut dengan era digital yang terus mengalami perubahan. Ada beberapa elemen yang terlibat dalam komunikasi yang berinteraksi dan berdampak satu sama lain. Elemen komunikasi ialah : sumber, pesan, saluran atau media, efek atau pengaruh,dan umpan balik. Dalam proses pembelajaran teknologi dimanfaatkan sebagai media pada kegiatan pembelajaran dan untuk pencarian referensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi di dunia pendidikan di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research. Jenis metode ini adalah jenis metode kualitatif yang hanya menggunakan studi literartur dalam penelitian kepustakaannya tanpa penelitian lapangan.
References
Anugrahana, A. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (2020): 3.
Fauziah, N. Komunikasi Sekelompok Dalam Membentuk Karakter Anak Pada Kelas FRE School Di Harapan Ibu, 2010. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/724.
AL Fazri, Muhammad, Indry Anggraini Putri, and Suhairi Suhairi. “Keterampilan Interpersonal Dalam Berkomunikasi Tatap Muka.” Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 2, no. 1 (2021): 46–58.
Febrianto, Priyono Tri, Siti Mas’udah, and Lutfi Apreliana Megasari. “Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Madura Island, Indonesia.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 19, no. 8 (2020): 233–254.
Harap, Ginda. “Konsep Komunikasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Dakwah Risalah 29 (2018): 143–160.
Hendra, Tomi, and Siti Saputri. “Korelasi Antara Komunikasi Dan Pendidikan.” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah 2, no. 1 (2020): 51–63.
Inah, Ety Nur. “Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Jurnal Al-Ta’dib 6, no. 1 (2013): 176–188.
Jamalludin, Jamalludin. “Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.” Jurnal UM Palembang 1, no. 1 (2016): 14–26.
Kuen, Fyan Andinasari, and . Afrizal. “Peranan Komunikasi Antarpribadi Terhadap Hubungan Masyarakat Ikecamatan Tamalate Kelurahan Mangasa Kota Makassar.” Jurnal Ilmiah Pranata Edu 1, no. 1 (2019): 39–47.
Maghfiroh, Rida, Chaerunnisa Hikmatuzzahwa, Agung Prasetyo, and M Aufal Minan. “JKOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL DAN PANDEMI COVID- 19.” Jurnal TAUJIH Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 02 (2021): 77–96.
Mudzammil Fikri Haqani & Dasrun Hidayat. “Komunikasi Antarpribadi Dalam Membangun Kepribadian Santri.” Jurnal Ilmu Komunikasi II, no. 1 (2015): 39–52.
Munarsih, Diana, Misran. “Peran Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan.” Journal of Islamic Education Management 6, no. 1 (2021): 83.
Nofrion. Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori Dan Konsep Komunikasi, 2016.
Nurhadi, Zikri Fachrul, and Achmad Wildan Kurniawan. “Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian.” Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian 3, no. 1 (2017): 90–95.
Nyoman, Ni, and Ayu Wilantari. “Manajemen Komunikasi Media Pembelajaran Era Digital” 03, no. 01 (2019): 21–38. https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing.
Oktavia, Fenny. “Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Borneo Sejahtera Dengan Masyarakat Desa Long Lunuk.” Ilmu Komunikasi 4, no. 1 (2016): 239–253.
Ujang Mahadi. “KOMUNIKASI PENDIDIKAN (Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran).” JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari 2 (2021): 80–90.
Yunita, Nurma Yunita, and Irni Latifa Irsal. “Komunikasi Dalam Pendidikan Anak.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (2021): 105–118.
Zuwirna. “Komunikasi Yang Efektif.” Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 1, no. 1 (2016): 1–8.