PEMANFAATAN MEDIA BARU SEBAGAI WADAH DAN PELUANG DALAM BERBISNIS ONLINE: TANTANGAN DAN STRATEGI

  • Khairul Aqmar Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Media baru, publikasi, Humas, UINSI Samarinda

Abstract

Dengan berbagai pertimbangan terkait tantangan yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan tren konsumen. Penelitian ini menyelami strategi dari pelaku bisnis untuk memaksimalkan wadah media baru. Dengan analisis mendalam melihat fenomena dan studi literatur, artikel ini menitikberatkan akan pentingnya adaptasi dan inovasi dalam menghadapi perubahan bisnis  online yang dinamis. Yang pada akhirnya akan memberikan wawasan berharga kepada para pelaku bisnis yang dalam strateginya mengupayakan media baru sebagai wadah dalam menghadapi tantangan global yang semakin maju. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan library research, dan melihat fenomena yang terjadi.

References

Adhi Kusumastuti, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga
Pendidikan Sukarno Pressindo.

Alimuddin, A. (2021). Penggunaan Internet dan Peluang Berwirausaha di Indonesia.
Jurnal Kewirausahaan Bisnis.

Barhatov, V. C. (2018). The Impact of Internet Technologies Development on Small Business Succes in Rusia. Retrieved from Procedia - Social and Behavioral Sciences: https://doi.org/10.1016/j.sbspro

Cresswell, W. (2010). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Djoko, P. (2011). Komunikasi Bisnis. Erlangga.
Haenlein, K. A. (2010). The challenges and opportunities of Social Media. p. 53.

Mangilalaeng R, T. J. (2021). Strategi komunikasi bisnis bermedia sosial masa pandemi covid-19 pengusaha babi di sonder minahasa. Acta Diurna Komunikasi.

Moyi, E. (2019). The effect of mobile technology on self-employment in. Journal of
Global Entrepreneurship Research, 1-13.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sankist Herdiyani, C. S. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu
Bisnis: Literature View. Jurnal Administrasi Bisnis.

Sulaeman. (2020). Survei: 70 Persen UMKM Berencana Jualan di Media Sosial.
Liputan6.

Sundari, C. (2019). Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Millenial di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers.

Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan
Pembangunan Nasional. Jurnal Komunikasi Pembangunan.
Published
2023-12-26