Pembelajaran Fisika Pipi Kombante Materi Fluida Statis Bagi Anak Tunarungu

  • Anis Farida SMA Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang Jawa Timur
Keywords: fluida statis, pembelajaran fisika, pipi kombante

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan fisika senantiasa perlu dilakukan. Salah satu cara untuk meningkatkan kwalitas pendidikan fisika adalah peningkatan kwalitas pelayanan guru terutama dalam memfasilitasi, memotivasi dan mendorong siswa untuk belajar fisika baik untuk siswa yang normal secara fisik maupun untuk siswa yang berkebutuhan khusus. Guru fisika mempunyai tugas utama menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dapat menarik minat dan antusias siswa serta dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar fisika dengan baik dan semangat. Untuk itu diperlukan variasi pembelajaran dan metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berpikir, aktif, keratif, menyenangkan, dan memotivasi untuk senantiasa belajar fisika dengan semangat. Artikel ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa yang berkebutuhan khusus dalam hal ini tunarungu untuk belajar Fisika dengan maksimal. Artikel ini mengambil tema tentang Pembelajaran Fisika Pipi Kombante Materi Fluida Statis Bagi Anak Tunarungu. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya tunarungu materi Fluida Statis. Penelitian ini adalah praktek pembelajaran terbaik yang dikhususkan bagi anak tunarungu. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan melihat siswa tunarungu yang melakukan pembelajaran di luar jam pembelajaran reguler di kelas, dan bersifat tambahan bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Pembelajaran Fisika Pipi Kombante Materi Fluida Statis Bagi Anak Tunarungu  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tunarungu dan penerapan Pembelajaran Fisika Pipi Kombante Materi Fluida Statis Bagi Anak Tunarungu dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran untuk siswa tunarungu.

References

Anderson, LW dan Krathwohl, DR. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Arends, RI. 2008. Learning to teach (belajar untuk mengajar) . Terjemahan oleh Helly Prayitno Sucipto. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Creswell, J.W. 2012. Education Research . Boston: Pearson.

Eggen, P dan Kauchak, D.2012. Strategi dan model pembelajaran mengajarkan konten dan keterampilan berpikir (terjemahan). Jakarta Barat: indeks.

Ruyati, Yeyet. (2013). Pembelajaran Bagi Anak Tunarungu (Disampaikan PadaKegiatan Pendidikan Kompetensi Guru Bagi Guru SLB Provinsi Bali di PPPPTKTK dan PLB Bandung Tahun 2013. Bandung: PPPPTK TK & PLB

Sofianto, E.W.N. dan R.K. Irawati. Upaya Meremediasi Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 2, 2020.
Syarifuddin. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Mengunakan Model Pembelajaran Picture And Picture. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 1, 2019.
Wardani, I. G. A. K., dkk. (2002). Pengantar Pendidikan Luar Biasa; Buku Materi Pokok PGSD 4409/3 SKS/Modul 1-9. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Yuliati, Lia. 2008. Model-Model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktek. Malang. LP3 Universitas Negeri Malang.
Published
2020-06-08
How to Cite
Farida, A. (2020). Pembelajaran Fisika Pipi Kombante Materi Fluida Statis Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 127-137. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2321