Adaptasi Sekolah dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan)

  • Sumarno Sumarno IAIN Samarinda
Keywords: pembelajaran jarak jauh, adaptasi sekolah, pendidikan era pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai sector, salah satunya adalah sector pendidikan. Hal ini menuntut pelaksanaan pendidikan dilakukan melalui jarak jauh. Namun faktanya saat ini  tidak sedikit sekolah yang masih kesulitan dalam mengadakan dan melaksanakan proses pembelajaran yang update melalui pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran. SMP Muhammadiyah Karanggeneng merupakan salah satu sekolah yang mengalami tantangan tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adaptasi, problematika dan upaya yang dihadapi sekolah dalam mengimplementasi pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif deskriptif.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode interview (wawancara), metode observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi yang dilakukan oleh sekolah SMP Muhammadiyah Karanggeneng adalah melakukan perubahan manajemen pendidikan dengan system pembelajaran jarak jauh, memaksimalkan peran kepala sekolah, waka kurikulum dan guru, melakukan interaksi secara continue dengan wali siswa dan mengoptimalkan penggunaan aplikasi WhatsApp sebagai media komunikasi dalam pembelajaran. Problematika yang muncul diantaranya masih terdapat guru yang memiliki kompetensi kurang bagus dibidang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, kurang fokusnya peserta didik sehingga memerlukan pemantauan orang tua dalam proses pembelajaran, tuntutan selalu tersedianya jaringan dan kuota internet baik bagi murid maupun guru. Solusi yang dilakukan diantaranya adalah melakukan seminar, workshop, penataran maupun pelatihan bagi guru yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran dan pembelajaran aktif, melakukan pengawasan dan pembimbingan secara bersama-sama antara guru dengan wali murid. Pihak sekolah memenuhi kebutuhan guru dalam melakukan pembelajaran berbasis internet, membentuk kesepakatan bersama dari sekolah untuk mendapatkan jaringan dan kuota internet yang bisa membantu proses pembelajaran dan menggunakan aplikasi yang lebih bervariasi dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.

References

Arifin. 1975. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.
Azhar, Muhammad. 2017. Interaksi Guru, Murid dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar di MI Nahdatul Watan sekunyit praya Kabupaten Lombok Tengah. Malang: Tesis UIN Malang.
Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, Herita. Memaknai Manajemen Perubahan dalam Konteks Pendidikan. Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat.
Jumiatmiko 2016. WhatsApp Massanger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab Wahana Akademika. No.3, Vol 1, hal 51-66.
Marselus R. Payong. 2011. Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.
Moloeng, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pranajaya dan Hendra Wicaksono. 2017. Pemanfaatan aplikasi WhatsApp (WA) di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs Jakarta Pusat). Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi dan Humaniora. Vol 7, No.1 hal 98-109.
Prawiradilaga,D.S. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2008. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rahmawati, Dwi dan Septiana. 2009. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Setijadi. 2005. Buku Pedoman pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Winarso,B. 2015. Apa itu WhatsApp, Sejarah dan Fitur-Fitur Unggulannya. Diakses tanggal 4 Mei 2020 dari https://dailysocial.id/post/apa-itu-WhatsApp.
Published
2020-01-01
How to Cite
Sumarno, S. (2020). Adaptasi Sekolah dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 149-162. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2435