Upaya Guru Mengatasi Kejenuhan Belajar Fikih Pada Siswa Di Madrasah Tsanawiyyah Antasari Samarinda Tahun Ajaran 2019-2020

  • Rafly Albasith IAIN Samarinda
  • Dwi Nuraini Dahlan IAIN Samarinda
Keywords: kejenuhan belajar, upaya guru mengatasi kejenuhan belajar yang sifat fisik dan psikis

Abstract

Pentingnya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Kenyataannya sering terjadi kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa khususnya pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyyah Antasari Samarinda. Pentingnya upaya guru mengatasi kejenuhan belajar siswa diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru mengatasi kejenuhan belajar Fikih pada siswa di Madrasah Tsanawiyyah Antasari Samarinda baik berupa Fisik maupun Psikis. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah Madrasah Tsanawiyyah Antasari, Wakil Kepala Kurikulum Madrasah Tsanawiyyah Antasari dan guru mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyyah Antasari. . Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data memakai teknik penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bahwa indikator siswa mengalami kejenuhan belajar pada mata pelajaran Fikih adalah mengantuk, tidak bersemangat mengikuti pembelajaran dan bahkan tertidur ketika proses belajar Fikih berlangsung. faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Antasari karena rendahnya motivasi belajar siswa disebabkan kurangnya dorongan dan dukungan kedua orang tua baik fisik maupun psikis dan kurangnya fokus belajar siswa disebabkan lingkugan belajar dan lingkungan sekitar sekolah kurang mendukung. Upaya yang guru lakukan di MTs Antasari dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yang bersifat psikis adalah dengan cara meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan humor disela pembelajaran dan memberikan nasihat-nasihat yang mengajak siswa untuk menjadi lebih baik, sedangkan upaya yang guru lakukan di MTs Antasari dalam mengatasi kejenuhan belajar Fikih yang bersifat fisik adalah dengan cara metode belajar sambil bermain, penggunaan media ketika proses belajar mengajar, dan pembelajaran Fikih yang mengajak siswa keluar kelas atau outdoor.

References

Agustin, Mubair. Permasalahan Belajar Dan Inovasi Pembelajaran, Bandung;PT Refika Aditama 2014
Fauziah, Ni’matul “Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) ” dalam jurnal Pendidikan Agama Islam, No. 1, Vol. X, 2013.
Hidayah, Ampri. Skripsi, Pengaruh Metode Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Di Smp Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, Tulungagung, IAIN Tulungagung, 2018
https://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-nasihat/ diakses pada tanggal 13 juni 2020 jam 13.18
Jamaluddin, dkk. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Negeri 5 Pasangkayu, Mamuju Utara, dalam Jurnal Untad, No. 1, Vol. 2,
Mumtahah, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa, dalam jurnal Tarbawi, No. 1, Vol.1, 2018
Majid, Abdul. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.
Mailita, M. Nazir Basyir, Dahliana, Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa Di Smp Negeri Banda Aceh ”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling , No. 2, Vol. 1, 2016.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya, 2005
Putri, Devi Ayu Kusuma. dkk. “Pengaruh Sarana Prasarana Sekolah Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pemasaran Di Smk Negeri Sukoharjo” dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 2015
Raihan, “Penerapan Reward dan Punishment dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA di Kabupaten Pidie”, dalam Journal of Islamic Education, No. 1 Vol. 2, 2019.
Setiawan, Aditya. Upaya Guru Agama Islam Memotivasi Siswa dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura, dalam jurnal Publikasi, Surakarta, 2015.
Susmiyati, Sri dan Zurqoni. Memotret Kinerja Guru Madrasah dalam Pembelajaran. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 2, 2020.
Suprihatin, Siti “Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa” dalam jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, No. 1, Vol. 3, 2015.
Trinurmi, Siti. “Pengaruh Sugesti dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa”, dalam jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, No. 1, Vol 1. 2016
Umar, “Media Pendidikan: Peran dan Fungsi dalam Pembelajaran,” dalam Jurnal Tarbawiyah, No. 1, Vol. 11, 2014.
Wahyuni, Dwi.” Persepsi Siswa Tentang Keadaan Psikologis Sense Of Humor Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 3 Batusangkar”, dalam jurnal Al- Fuad. No. 1, Vol. 1, 2017
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Usman, Moh. Uzer, Guru Profesional, Bandung:remaja Rodakarya, 2006.
Wulandari, Diana. Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Peminatan, dalam Jurnal Inspirasi Pendidikan , No. 2, Vol. 6, 2016.
Published
2020-02-02
How to Cite
Albasith, R., & Dahlan, D. (2020). Upaya Guru Mengatasi Kejenuhan Belajar Fikih Pada Siswa Di Madrasah Tsanawiyyah Antasari Samarinda Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 163-177. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2436