Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Materi Makhorijul huruf di Mts Labbaika Samarinda
Abstract
Penilitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat membaca bahasa arab yang kurang, sehingga diperlukan model untuk meningkatnya ke arah yang lebih baik. Materi pelatihan makhorijul huruf digunakan untuk melakukan hal tersebut dalam penelitian ini. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, untuk melihat peningkatan dalam kemampuan membaca pada siswa di madrasah Labbaik samarinda. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi pelatihan makhrorijul huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam membaca dengan baik pada Bahasa arab. Peningkatan itu ditunjukan dengan peningkatan rata-rata nilai dari 50 pada siklus pertama, dan menjadi 72 pada siklus kedua. Ini menunjukan adanya pengaruh materi makhorijul huruf terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa Labbaik Samarinda