Pengalaman Menerapkan TPACK Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Alumni PPG Dalam Jabatan FKIP Universitas Mulawarman

  • Hadi Wibowo Universitas Mulawarman
  • Herliani Herliani Universitas Mulawarman
  • Effendi Limbong Universitas Mulawarman
Keywords: pembelajaran daring, pengalaman alumni, PPG, TPACK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengalaman ketika menerapkan TPACK pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 alumni mahasiswa PPG dalam jabatan FKIP Universitas Mulawarman Tahun 2021. (2) hambatan yang dialami ketika menerapkan TPACK pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 alumni mahasiswa PPG dalam jabatan FKIP Universitas Mulawarman Tahun 2021. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Universitas Mulawarman pada program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan mewawancarai tiga informan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Data dianalisis dengan menggunakan interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman menerapkan TPACK pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 yaitu memiliki kesan
dan makna tersendiri. Dalam proses pelaksanaannyapun tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan pada masing-masing informan yang diwawancarai. Penggunaan teknologi yang berbasis internet tentunya
membuat guru, peserta didik maupun orang tua harus saling bekerja sama agar proses belajar mengajar tetap berlangsung meski dilakukan dari rumah selama masa pandemi Covid-19. Adapun hambatannya berhubungan dengan fasilitas yang diberikan orang tua kepada peserta didik, dalam hal ini adalah perangkat keras (hardware) minimal HP yang mendukung untuk mengikuti pembelajaran daring. Namun realitanya guru
yang mengajar pada SD negeri masih mendapati adanya peserta didik yang tidak memiliki HP yang berbasis android karena kondisi ekonomi orang tua yang berbeda-beda sehingga terhambatnya penyampaian
materi pembelajaran yang akan disampaikan. Hal ini membuat guru mengarahkan orang tua untuk datang ke sekolah bersama anaknya diberikan materi dan penjelasan mengenai tugas yang diberikan. Hambatan berikutnya adalah berkaitan dengan kemampuan pedagogi dan kemampuan guru sendiri dalam menguasai teknologi yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran.

References

Ajizah, I., & Huda, M. (2020). TPACK sebagai bekal guru PAI di Era Revolusi Industri 4.0. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 333-352.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid -19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Pedagogy, 281-288.
Auerbach, C. F., & Silverstein, L. B. (2003). Qualitative Data. New York: New York University Press.
Cahyani, A., & Larasati, I. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.
Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI Model Sistem Pembelajaran Blended, Panduan Merancang Mata Kuliah daring, SPADA Indonesia. Jakarta: Direktorat Pembelajaran Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Chande, M., & Barve, R. R. (2007). Synthesis of novel spiro compounds using anthrone and pyrazole-5-thione moieties: A Michael addition approach. Journal of Chemical Research, 111(8), 468–471.
Clandinin, D. J. (2007). Handbook of Narrative Inquiry: Mapping a Methodology. London: Sage Publications.
Covid, S. (2022). Data Sebaran. https://covid19.go.id/.
Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (2nd ed.). Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.
Daud, A., Novitri, & Hardian, M. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG): Perspektif Mahasiswa Bahasa Inggris. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, Vol. 12 No. 2.
Denzin, N., & Lincoln, Y. (1994). Handbook of Qualitative Research. SAGE Publications, Inc.
Dey, I. (2005). Qualitative Data Analysis. New York: Routledge.
Eliyanto, & Wibowo, U. B. (2013). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 34 - 47.
Enriquez, M. A. (2014). Student' Perceptions on the Effectiveness of the Use Edmodo as a Supplementary Tool Learning. DLSU Research Conggress .
Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi: Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Fox, R. (2011). Technological Practice and Change in Education. In R. Kwan, C. McNaught, P.
Tsang, F. L. Wang, & K. C. Li (Eds.). International Conference, ICT 2011. Springer
Science+Business, (pp. 1–390).
Published
2023-08-04
How to Cite
Wibowo, H., Herliani, H., & Limbong, E. (2023). Pengalaman Menerapkan TPACK Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Alumni PPG Dalam Jabatan FKIP Universitas Mulawarman. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 391-408. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i3.4651