Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS (Studi Literature Hasil Pembelajaran di SD/MI)
Abstract
Perubahan menjadi suatu keharusan dalam proses kegiatan belajar mengajar, siswa dapat berperan secara aktif, serta turut terlibat secara langsung dalam prosesnya. Siswa tidak boleh hanya sebagai objek pembelajaran saja. Siswa dapat bertindak sebagai agen pembelajaran yang aktif, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan mediator yang kreatif. Suasana kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dapat menjadikan suatu pembelajaran berhasil dalam mencapai tujuannya, sehingga berdampak pada hasil belajar. Penulisan artikel ini di latar belakangi oleh rendahnya aktifitas siswa dalam mengikuti pelajaran, karena guru selalu menggunakan cara mengajar yang monoton sehingga membuat siswa jenuh yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa di SD/MI yang ditandai dengan hasil belajar peserta didik yang masih rendah atau belum mencapai KKM. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model PBL terhadap hasil belajar IPS di SD/MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui teknik kepustakaan atau library research yang obyek penelitiannya digali melalui berbagai informasi kepustakaan yang terdiri dari buku, jural ilmiah, tugas kahir berupa tesis, skripsi dan lainnya. Data primer yang digunakan sebayak 12, dan didukung oleh data sekunder yakni referensi pendukung dari data primer. Menurut hasil kajian literatur yang diperoleh, dan jika dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menerapkan model apapun, bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL memiliki pengaruh yang positif dan adanya signifikan pada hasil belajar IPS siswa