Pengaruh Mutu Pendidikan dan Keteladanan Guru Terhadap Proses Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Plus Melati Samarinda

  • Dina Dina Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Mutu Pendidikan, strategi, keteladanan, PAI

Abstract

Keberhasilan pembelajaran yang disebut berkualitas tidak lepas dari adanya strategi pembelajaran. Karena dalam pencapaian suatu tujuan, kesuksesan tidak dapat berdiri sendiri tanpa ada unsur lain yang ikut mendukung keberadaannya. Mutu pendidikan dipandang sebagai sebuah indikator penting untuk menentukan sejauh mana suatu sistem pendidikan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat, serta mempersiapkan generasi muda untuk memasuki dunia kerja dan masyarakat yang semakin kompleks dan dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian asosiatif. Sampel penelitian menggunakan siswa SMAPlus Melati. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini, yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil menunjukan Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh Mutu Pendidikan dan Keteladanan Guru terhadap Proses Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMA Plus Melati Samarinda.

References

REFERENCES
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Pedoman Penyusunan Rencana Kerja Sekolah/Madrasah Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Arifin, A. (2023). Memahami Paradigma Baru Pendidikan dalam Undang-undang sisdiknas. Jakarta: Departemen Agama RI.
Fathurrohman, M. (2012). "Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam; Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik; Praktik dan Teoritik. Yogyakarta: Teras.
Harapan, E. (2021). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 8.
K.Yin, R. (2002). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Indeks Pembangunan Pendidikan Indonesia.
Munir, A. (2006). Spritual Teaching. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Najamudin. (2016). Konsep Pendidikan Uswatun Hasanah dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahzab ayat 21-22 (Kajian Tafsir Tahlili). Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 43.
Waluyo, B. (2016). Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Yusuf, M. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pendidikan Di Indonesia. . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 499-508.
Published
2023-02-15
How to Cite
Dina, D. (2023). Pengaruh Mutu Pendidikan dan Keteladanan Guru Terhadap Proses Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Plus Melati Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 57-66. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6587