Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

  • Viki Marlina Kusumawati Universitas Muria Kudus
  • Diah Putri Anggraeni Universitas Muria Kudus
  • Daffa' Dhiya' Ulhaq Anggraini Universitas Muria Kudus
  • Syilfi Fita Sari Universitas Muria Kudus
  • M. Rizal Maulana Idris Universitas Muria Kudus
  • F. Shoufika Hilyana Universitas Muria Kudus
Keywords: Pemahaman konsep, video animasi

Abstract

Matematika dianggap sulit bagi siswa, perlu media pembelajaran yang kreatif untuk mengoptimalkan keberhasilan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan media dan meningkatkan pemahaman konsep matematika menggunakan video pembelajaran berbasis animasi. Penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Peganjaran. Alat ukur yang digunakan yaitu penilaian validasi, pre-test, dan post-test. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji N-Gain. Berdasarkan data pengukuran kelayakan media yang dilakukan ahli materi 95%, ahli media 97% keduanya termasuk kategori valid. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep matematika. Perolehan pre-test 72,9 dan post-test 90 dengan nilai uji N-Gain 0,74 termasuk kualitatif tinggi. Kesimpulan media video pembelajaran berbasis animasi dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SDN 1 Peganjaran.

References

Agustina Dwi Astuti, I., Asep Sumarni, R., & Luhur Saraswati, D. (n.d.). Halaman 57 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. 3(1). https://doi.org/10.21009/1
Ailulia, R., Putri, A. V. E., & Rohmah, H. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Plotagon Fan Math Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sowan Lor. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1).
Ailulia, R., Saidah, P. N., & Sutriani, W. (2022). Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47–56.
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari konsentrasi belajar pada materi statistika dasar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 215–224.
Darma Wisada, P., Komang Sudarma, I., & Wayan Ilia Yuda S, A. I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. In Journal of Education Technology (Vol. 3, Issue 3).
Ega Safitri, & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12
Farida, N., Sesanti, N. R., & Ferdiani, R. D. (2019). Tingkat Pemahaman Konsep dan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah 2. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 135–146.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44.
Hamdanah, H., Mansur, H., & Ahmad, K. I. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Plotagon Mata Pelajaran IPA Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. J-INSTECH, 2(1), 77–84.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda,
Jeheman, A. A., Gunur, B., Jelatu, S., Studi, P., Matematika, P., Paulus, S., Jalan, I., & Yani, A. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. 8(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Maulidiyah, C. (2022). Pengembangan Video Animasi Berbasis Plotagon dan Kinemaster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II SD Islam Lukman Hakim Pakisaji-Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.5910
Mulyono, B. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.
Nurhaura, S. E., & Zulfadewina, Z. (2022). Pengaruh Media Plotagon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Materi Kalor Di SDN Cibuntu 01. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2).
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.
Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).
Wiranti, D. A., & Sutriyani, W. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Sorogan Hanacaraka Terhadap Kemampuan Menulis Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. 8, 2020. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Yunika, E., Iriani, T., Saleh, R., Jakarta, U. N., Rawamangun Muka, J., 14, R. W., & Timur, J. (n.d.). P-44 Pengembangan Media Video Tutorial Berbasis Animasi Menggunakan 4D Untuk Mata Kuliah Praktik Batu Beton The Development Of Animation Based Video Tutorial Media Using 4D For Concrete Practices Course.
Published
2023-07-26
How to Cite
Kusumawati, V., Putri Anggraeni, D., Anggraini, D., Sari, S., Idris, M. R., & Hilyana, F. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 321-331. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i3.6955