Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Keterampilan Hidup Montessori pada Anak Kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan keterampilan hidup Montessori. Berdasarkan realita di lapangan, anak-anak kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda masih menemui hambatan untuk keterampilan motorik halusnya. Anak lebih senang dengan kegiatan bermain di luar daripada kegiatan yang memerlukan ketenangan dan motorik halus. Dari 12 anak, hanya ada 4 anak yang bisa memegang pensil dengan benar.
Penelitian dilaksanakan dengan model penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian adalah kelompok A dengan teknik analisis yang digunakan adalah nilai rata-rata, persentase dan grafik. Untuk mendapatkan hasil yang valid dilaksanakan dengan teknik penelitian melalui langkah siklus sebanyak dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting).
Berdasarkan hasil penelitian ternyata kegiatan peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan keterampilan hidup Montessori di PAUD Islam Silmi Samarinda terlihat meningkat dengan kategori baik. Hal ini dilihat dari hasil akhir pelaksanaan siklus I yang berkategori Baik hanya 40%. Kemudian pada siklus II, jumlah anak yang berkategori baik meningkat hingga 92%. Dengan adanya perbaikan tersebut anak mendapat kesempatan mengembangkan kemampuan motorik halusnya melalui kegiatan keterampilan hidup Montessori. Dengan demikian, kegiatan keterampilan hidup Montessori memang membantu dalam pengembangan kemampuan motorik halus anak.References
Hurlock, E. B. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam. Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa: Jakarta: Penerbit Erlangga, 1978.
Juniyanasari, Luh Putu dkk. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Cooking Class Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak”, e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha: Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 3 No. 1-Tahun 2015): 1-10.
Ningsih, Berti Setya. “Pelaksanaan Stimulasi Motorik Halus Pada Latihan Kehidupan Praktis Di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang”, Pendagogi Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Ningsih, (Vol. 5, No 1, 2019): 1-14.
Nooshin Ahmadpour and Adis Kraskian Mujembari, The Impact of Montessori Teaching Method on IQ Levels of 5-Year Old Children, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 205 (2015),122 – 127, available at https://www.sciencedirect.com/science/ article/pii/S1877042815050557.
Nurani, Yuliani. Konsep DasarPendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2011.
Santrock, J. W, Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 1. Alih Bahasa: Mila Rachmawati. Jakarta: Erlangga, 2007.
Sumantri. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.
Yus, Anita. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Cet. 4. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.
Copyright (c) 2019 Southeast Asian Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.