Mata Pelajaran IPS di MI/SD: Sebuah Strategi Pembelajaran Implementatif

  • Tri Wibowo IAIN Purwokerto
Keywords: Strategi Pembelajaran, Ilmu Sosial, Wirasaba Purbalingga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji strategi pembelajaran implementatif yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran ilmu sosial di Sekolah Dasar Islam Negeri Wirasaba Purbalingga sebagai sampel representatif, purposive dan inspirasional. Hal ini disebabkan sejumlah hal yang melatarbelakanginya, seperti dalam kegiatan pembelajaran ilmu sosial di tingkat pendidikan dasar hanya menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yang berpusat pada guru. Selain itu, guru tidak tepat dalam pemilihan, pemilahan dan penerapan strategi pembelajaran. Kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran semakin membuat siswa kurang / tidak menguasai materi pelajaran dengan baik. Pada akhirnya dengan kurang / tidak menguasainya siswa pada mata pelajaran ilmu sosial membuat hasil / nilai pembelajaran menjadi buruk (jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimum / KKM yang telah ditetapkan).

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan dan hasil penelitian ini berupa strategi pembelajaran implementatif dalam kegiatan pembelajaran di bidang ilmu sosial (studi di Sekolah Dasar Islam Negeri Wirasaba Purbalingga) umumnya dibagi menjadi tiga langkah, yaitu perencanaan; waktu, urutan kegiatan pembelajaran, metode, media / bahan pembelajaran, implementasi; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutupan dan tindak lanjut dan akhiri dengan evaluasi; tes dan non-tes. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ilmu sosial adalah membaca dengan keras, berbagi pengetahuan aktif dan diskusi kelompok kecil.

Author Biography

Tri Wibowo, IAIN Purwokerto
Dosen PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto

References

Afandi, Rifki. “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”. Jurnal Pedagogia 1, no. 1 Desember 2011.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Azwar, Saifudin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Dermawan, Oki. “Strategi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB”. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi VI, no. 2 Desember 2013.
Fahreza, Febry dan Nurul Husna. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat”. Jurnal Bina Gogik 4, no. 2 September 2017.
Maunah, Binti. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras, 2009.
Mustaqim dan Abdul Wahib. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Rusman. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.
Sapriya. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Sukandarrumadi. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.
Sunhaji. Strategi Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Purwokerto: STAIN Purwokerto Press, 2012.
Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011.
Observasi kegiatan pembelajaran IPS di kelas IV MI Negeri Wirasaba Purbalingga, 7 April, 14 April dan 21 April 2018.
Wawancara dengan Siti Khamdiatun, pendidik kelas IV MI Negeri Wirasaba Purbalinggapada tanggal 4 Januari 2018.
Dokumen administrasi MI Negeri Wirasaba Purbalingga, 6 April 2018.
Published
2019-06-30
How to Cite
Wibowo, T. (2019). Mata Pelajaran IPS di MI/SD: Sebuah Strategi Pembelajaran Implementatif. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2), 147-163. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i2.1516