Transmisi Nilai-Nilai Inklusif Melalui Character Building pada Mapel Sains di MI Islamiyah Bantul

  • Tri Wibowo IAIN Purwokerto
Keywords: Nilai Inklusif, Character Building, Pendidikan Dasar Islam

Abstract

Ruang lingkup kajian riset ini ialah nilai-nilai inklusif yang diejawantahkan dalam nilai-nilai karakter bangsa yang berjumlah 18 nilai karakter hasil kajian empirik-sistematis dari Pusat Kurikulum Kemendiknas. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengkaji transmisi nilai-nilai inklusif pada jenjang pendidikan dasar Islam (Madrasah Ibtidaiyah/MI) melalui character building dalam pembelajaran Sains studi kasus di MI Al Islamiyah Bantul, serta nilai-nilai inklusif yang ditransmisikan pada pembelajaran Sains melalui character building di MI Al Islamiyah Bantul. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif berkategori jenis riset lapangan (field research) dan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti berposisi sebagai instrumen kunci dalam riset dengan proses mengambil sumber data dilakukan menggunakan teknik pengambilan sampel (purposive and snow ball sampling). Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil riset menunjukkan bahwa (1) transmisi nilai-nilai inklusif pada pendidikan dasar Islam (MI) melalui character building dalam kegiatan pembelajaran Sains di MI Al Islamiyah Bantul dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tindak lanjut. (2) Nilai-nilai inklusif prioritas yang ditransmisikan dalam pembelajaran Sains melalui character building di MI Al Islamiyah Bantul terdiri atas nilai jujur, disiplin, toleransi, kerja keras dan tanggung jawab.

Author Biography

Tri Wibowo, IAIN Purwokerto
Dosen PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto

References

Ainiyah, Nur, and Nazar Husain Hadi Pranata Wibawa. ‘Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam’. Al-Ulum 13, no. 1 (1 June 2013): 25–38.
Alawiyah, Faridah. ‘Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia’. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial 3, no. 1 (30 June 2012): 87–101. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v3i1.259.
Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik Dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Azis, Abdul. ‘Pendidikan Islam Humanis Dan Inklusif’. Al-MUNZIR 9, no. 1 (24 March 2020): 1–12. https://doi.org/10.31332/am.v9i1.773.
Cahyaningrum, Eka Sapti, Sudaryanti Sudaryanti, and Nurtanio Agus Purwanto. ‘Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan’. Jurnal Pendidikan Anak 6, no. 2 (22 December 2017): 203–13. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.
Dalimunthe, Reza Armin Abdillah. ‘Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di SMPN 9 Yogyakarta’. Jurnal Pendidikan Karakter 0, no. 1 (2015). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616.
Guru Mata Pelajaran Sains Kelas IV MI Al Islamiyah Bantul. Observasi Pembelajaran Sains, 2019.
———. Pembelajaran Sains, 2019.
———. Penanaman Nilai-Nilai Inklusif pada Siswa, 2019.
Halimatussa’diyah. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020.
Hanafi, Imam. ‘Nilai-Nilai Inklusif dan Humanis Pesantren’. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 10, no. 1 (1 August 2017): 1–17. https://doi.org/10.24014/af.v10i1.3834.
Hidayat, Nur. ‘Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Pondok Pesantren Pabelan’. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 2, no. 2 (12 October 2016): 95–106. https://doi.org/10.12928/jpsd.v2i2.4948.
Indriyanto, Bambang. ‘Dimensi Pembangunan Karakter dan Strategi Pendidikan*)’. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 18, no. 1 (1 March 2012): 21–33. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i1.66.
Ismail, Muhammad Ilyas. Pendidikan Karakter: Suatu Pendekatan Nilai. Makassar: UIN Alauddin Press, 2012.
Jannah, Isti Nurul, Lise Chamisijatin, and Husamah Husamah. ‘Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA di SMPN XY Kota Malang’. Jurnal Biotek 6, no. 1 (30 June 2018): 1–14. https://doi.org/10.24252/jb.v6i1.4243.
Kemendiknas RI. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendiknas RI, 2011.
Kepala Sekolah MI Al Islamiyah Bantul. Character Building, 2019.
Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.
Mu’minah, Najwa. ‘Character Building dalam Konsep Pendidikan Imam Zarkasyi Ditinjau dari Filsafat Moral Ibnu Miskawaih’. Jurnal Filsafat 25, no. 1 (14 August 2016): 100–133. https://doi.org/10.22146/jf.12616.
Mustad, A. ‘Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Model Pembiasaan Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SDN Mluweh 01 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang’. Jurnal Pendidikan Dasar 7, no. 2 (21 September 2020). https://doi.org/10.20961/jpd.v7i2.44455.
Nurfatah, Nurfatah, and Yasir Arafat. ‘Pendidikan Inklusi Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa’. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2, no. 2 (27 December 2017): 244–58. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1472.
Putra, Purniadi. ‘Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA Di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat’. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 3, no. 1 (30 August 2017): 49–61. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1377.
Rohmadi, Syamsul Huda. ‘Pendidikan Islam Inklusif Pesantren ( Kajian Historis - Sosiologis Di Indonesia )’. FIKROTUNA 5, no. 1 (1 July 2017). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2949.
Samani, Muchlas, and Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Sanaky, Hujair AH. ‘Menyemai Nilai-Nilai Inklusif-Toleran Dalam Pendidikan Agama’. Seminar Nasional Pendidikan Agama yang Inklusif, Program Pascasarjana FIAI UII, 2017.
Sunardi & Sulaiman, M. Solehuddin. “Karakter Akar Nilai Inklusif dalam Perspektif Islam.” Jurnal Kajian Hukum Islam, Vol. 5 No. 2 (2018): 81-89
Tillman, Diane. Pendidikan Nilai Untuk Kaum Muda Dewasa, Terj. Risa Pratono. Jakarta: Grasindo, 2004.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Wening, Sri. ‘Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai’. Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1 (25 February 2012). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1452.
Wiyani, Novan Ardi. Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Takwa. Yogyakarta: Teras, 2012.
Yaqin, M. Ainul. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi Dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media, 2005.
Yusuf, Achmad. ‘Strategi Pembentukan Karakter Inklusif-Pluralis Melalui Keteladanan Multikultural Kiai di Pesantren Ngalah Pasuruan’. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL 3, no. 1 (27 February 2019): 1–20. https://doi.org/10.33474/multikultural.v3i1.2549.
Published
2021-07-10
How to Cite
Wibowo, T. (2021). Transmisi Nilai-Nilai Inklusif Melalui Character Building pada Mapel Sains di MI Islamiyah Bantul. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(2), 153-171. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i2.3487