Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Mengunakan Model Pembelajaran Picture and Picture
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sungai Sandung 1 dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus tindakan. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian dengan teknik cluster random class. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sungai Sandung 1 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 19 siswa dengan memberikan tindakan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar tes bentuk pilihan ganda dan lembar observasi. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh, maka hasil prasiklus menunjukkan bahwa sebanyak 3 siswa mendapatkan nilai ≥70 dengan prosentase ketuntasan sebesar 16%. Hasil siklus I menunjukkan bahwa tidak ada perubahan hasil belajar siswa yakni jumlah siswa yang tuntas sama dengan pada saat pra siklus yakni 3 siswa yang mendapatkan nilai ≥70 atau 16% prosentase ketuntasannya. Sedangkan hasil siklus II menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai ≥70 mengalami peningkatan yang siginifikan yakni sebanyak 16 siswa dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 84%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada kelas IV SDN Sungai Sandung 1.
References
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan ke-12. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Kartinah. “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dapat Meningkatkan Hasil belajar IPA Melalui Mengidentifikasi Kebutuhan Tubuh Bagi Siswa Kelas 1 SD Negeri 4 Taruma Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun 2015/2016,” 4 Juli 2018, 63–70.
Kompasiana. “Metode Pembelajaran ‘Picture and Picture’ dan Praktiknya.” Diakses 19 Maret 2019. https://www.kompasiana.com/munasaroh/59c38153298f391609680442/metode-pembelajaran-picture-and-picture-dan-prakteknya-dalam-pembelajaran-kurtilas.
Luthfiyah, dan Muh Fitrah. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak Publisher, 2018.
Rifai. Penelitian Tindakan Kelas dalam PAK: Classroom Action Research in Christian Class. Cetakan ke-21. Surakarta: Bornwin’s Pubilishing, 2016.
Rofiq, M Nafiur. “Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Falasifa 1, no. 1 (2010): 1–14.
Saugi, Wildan. “Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Berbasis Achievement Grouping (CLAG)", Educasia, Vol. 3 No. 1 (2018): 14.
Siska, Yulia. Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Penerbit Garudhawaca, 2016.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Diterjemahkan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media, 2005.
Susanto, Ahmad. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Cetakan ke-2. Jakarta: Prenada Media, 2016.
________. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana, 2016.
Tim Penyusun, Dendy Sugono, Sugiyono, Yeyen Maryani, dan Meity Taqdir Qodratillah. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Undang-undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003.” Diakses 19 Februari 2019. https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=http://referensi.elsam.or.id/wp-content/uploads/2014/11/UU-20-Tahun-2003.pdf&hl=en_US.
Wahab, Abdul Azis. Konsep Dasar IPS. Banten: Universitas terbuka, 2014.
Copyright (c) 2019 Southeast Asian Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.