Peran Pendiri Sekolah dalam Mengembangkan Kinerja Guru di KB Fun Islamic School Suronegaran Purworejo
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan peran pendiri sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di KB Fun Islamic School Suronegaran Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendiri sekolah KB Fun Islamic School Suronegaran Purworejo dalam mengembangkan tugas guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan pengamatan dan wawancara kepada pendiri sekolah dan guru di KB Fun Islamic School Suronegaran Purworejo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, mengembangkan kinerja guru dilakukan oleh pendiri sekolah melalui sebagai motivator, melakukan evaluasi, dan memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru seperti pelatihan “GURAME” atau seminar dan guru juga diberikan kesempatan untuk melakukan magang di lembaga PAUD yang lain. Sehingga, menambah pengalaman guru baik dalam melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, serta keberhasilan ketercapaian pembelajaran di KB Fun Islamic School.
References
Amini. Profesi Keguruan. Medan: Perdana Publishing, 2013.
Anhusadar, La Ode. Kreativitas Pendidik di Lembaga PAUD, Jurnal Al-Ta’dib, Volume 9, Nomor. 1, 2016.
Ekosiswoyo, Rasdi. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan, Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume. 14 Nomor. 2, 2007.
Elvika Sari, Yesi,Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD Sekecamatan Muara Bangkahulu, dalam jurnal Ilmiah Potensia, Volume 1, Nomor 2016.
Hamruni & Kurniawan Syamsul. Political Education of Madrasah In The Historical Perspective, dalam jurnal SKIJIER, Volume 2, Nomor 2, 2018.
Kurniawan, Syamsul. Sekolah Progresif, dalam jurnal At-Turats, Volume.10, Nomor, 2016.
Mardiyati, Isyatul. Penilaian Dasar-Dasar Islami Anak Usia Dini Pada Masyarakat Perkotaan, dalam Jurnal At-Turats,Volume, 9, Nomor 1, 2015.
Maunah, Binti. Supervisi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2009.
Mesiono. Manajemen Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.
Mulia, Yayan. Peran Kepala Sekolah Dasar dalam Pengembangan Profesionalisme Guru, Jurnal Kependidikan, Volume.12 Nomor.1, 2009.
Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2003.
Novi Anggraeni, Graita, dkk. Implementasi Peran Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) dalam Meningkatkan Kinerja Guru, dalam jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 25, Nomor 1, 2016.
Nugroho, Tri. Implemetasi Peran Manajerial Kepala Sekolah Di TK Fastrack Fun School dan TK Rumah Citta, dalam jurnal Media Wisata, Volume 12, Nomor 1, 2014.
Nurkholis. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan, Volume 1 Nomor 1, November 2013.
Paul V. Bredeson & Olof Johansson. The School Principal’s Role in Teacher Professional Development, Journal of In-Service Education, Volume 26 Nomor 2, 2006.
Purwanti, Sri. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru dan Pegawai di SMA Bakti Sejahtera Kec. Kongbeng Kutai Timur, Jurnal Administrasi Negara, Volume 1 Nomor 1, 2013.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun, 2015.
User Usman, Moh. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Rachmawati, Yulia. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, Volume 1 Nomor 1, 2013.
Rusmawati, Vivi. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru pada SDN 018 Balikpapan, Jurnal Administrasi Negara, Volume 1 Nomor 2, 2013.
Suyadi. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia, 2010.
Yus, Anita. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana, 2014.
Copyright (c) 2019 Southeast Asian Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.