Efektivitas Penggunaan Video pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Islam Darul Falah 2 Samarinda

  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Keywords: efektivitas penggunaan video, bahasa Indonesia, video pembelajaran

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah hasil pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 di SD Islam Darul Falah 2 Samarinda yang masih belum optimal. Penggunaan media yang tepat salah satu faktor penting untuk optimalisasi pembelajaran.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan video pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif metode pre eksperimen desain Pretest-prostest satu kelompok. Hasil penelitian menunjukan (1) Nilai tes lebih dari 70 sedangkan pengujian hipotesis menunjukan nilai  > yaitu 4.279 > 2.074 dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05. (2) Lebih 75% siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 70 sedangkan pengujian hipotesis memperoleh nilai P value (signifikasi) sebesar 0.000 nilai tersebut < 0,05. (3) Terdapat kenaikan signifikan rerata nilai tes siswa yaitu saat pretes sebesar 53.43 dan saat postest sebesar 80.74 sedangkan pengujian hipotesis nilai >  yaitu 14.200 > 2.074 dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian penggunaan video pada pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan di SD Islam Darul Falah 2 Samarinda efektif jika dilihat dari hasil tes belajar Bahasa Indonesia.

Author Biography

Hani Subakti, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

References

Afdal, Subakti, H., & Sigalingging, F. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(3), 253-262. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i3.7
Ayu, K., dkk. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook Dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. 17(2):78–83.
Dewi, N. P. W. P. & Gusti N. S. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 4(2):204.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. 96–102.
Handayani, E. S. & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 151-164.
Jogiyanto, H. (2018). Metode Pengumpulan dan Teknik Pengumpulan Data. Jakarta: Penerbit ANDI.
Juhana, N. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Panca Terra Firma.
Julianto, D. E. & Hidayati F. (2018). Buku Metode Penelitian Praktis. Sidoarjo: Zifatma Jawar.
Kolifah, N. et al. (2021). Inovasi Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
Muri, Y. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Nora, A. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Budi Utama.
Panggabean, S. et al. (2021). Konsep & Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Prasetya, K. H., Subakti, H., & Septika, H. D. (2020). Pemertahanan Bahasa Dayak Kenyah di Kota Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(3), 295-304. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i3.77
Purba. S. et al. (2021). Teori Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Purwa, A. A. (2020). Penyetaraan Vertikal dengan Pendekatan Klasik dan Item Response Theory. Sleman: Budi Utama.
Rahman, T. A. dan Mauliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif Muliana. 1(03):54–64.
Ramadhani, R. F. et al. (2021). Pendidikan Kewirausahaan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ramadhani, Y. R. et al. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rohmawati, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran. 15–32.
Setiawan, T. H., (2018). Evektivitas Media Pembelajaran Terhadap Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Saintika Unpam, Vol.1, No.1, Juli 2018 (56-73).
Subakti, H. (2019). 8 Konsepsi Landasan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Parepare: Kaaffah Learning Center.
Subakti, H. (2020). Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Menggunakan Media Spinning Wheel Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,2(2),192-206. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3067
Subakti, H. et al. (2021). Inovasi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Subakti, H. et al. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Subakti, H. et al. (2021). Asas Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Subakti, H. & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Vol.3, No.2, Desember 2020. Halaman 106-117, https://doi.org/10.36277/basataka .v3i2.93.
Subakti, H. & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46–53. Retrieved from https://jurnal.pbsi.unibabpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/109
Subakti, H., Salim, N. A., Prasetya, K. H., Septika, H. D., Oktaviani, S. (2021). Does learning in mother tongue matter? Analysis of the Use of Kutai Language in Elementary Schools Learning. Elementary Education Online, 20 (4), 421-426. doi:10.17051/ilkonline.2021.04.47
Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. 3(20):140–46.
Sudirman, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Sleman: Budi Utama.
Sutiah. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Published
2021-11-04
How to Cite
Subakti, H. (2021). Efektivitas Penggunaan Video pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Islam Darul Falah 2 Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(1), 31-42. https://doi.org/10.21093/sajie.v0i0.3670