Diseminasi Pembelajaran Mikir di Madrasah Ibtidaiyah

  • Abdul Razak UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Nasiah UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
  • Kautsar Eka Wardhana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Indriana Rahmawati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Diva Ramadhan UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
  • Munirohwati Munirohwati UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
  • Toni Toni UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Yosinta Yosinta UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fiqih Lukman Abid Syahputra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Mutu, Pengabdian, Masyarakat

Abstract

Dalam dunia pendidikan ilmu eksak menjadi sorotan yang cukup diperhatikan, terutama di sekolah-sekolah, karena ia membutuhkan tingkat kelemahaman tersendiri untuk memahaminya. Salah satu faktor yang melatarbelakangi hal itu adalah perbedaan daya tangkap otak anak dalam mengolah ilmu-ilmu tersebut. Ilmu eksak merupakan salah satu disiplin keilmuan yang mengandalkan kemampuan otak kiri dalam memahaminya, maka dibutuhkan kemampuan otak kiri yang tinggi (dominan). Sehingga, mereka yang mempunyai dominasi otak kanan ketimbang otak kirinya dalam daya tangkap otak, sering kali mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran-pelajaran eksak, terutama matematika. Pembelajaran berbasis MIKIR yang diterapkan adalah salah satu metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Sehingga terwujudnya pembelajaran yang sangat maksimal bagi peserta didik. Ditambah lagi sebelum diterapkan kepada siswa maka guru yang akan mengajar dilakukan bimbingan dan tes terlebih dahulu sehingga terwujudnya pembelajaran yang siap pakai dan te[at guna

References

Elfrianto, Ismail Saleh Nst & Eko Febriansyah Siregar, Implementasi Pembelajaran Aktif Berorientasi Mikir 16 Lobo, Fridarlin Magda Noni Wuri. (2016). Pemanfaatan Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus: Sma Negeri 1 Tengaran). Diunduh pada 20 Juli 2018 http://repository.uksw.edu/ handle/123456789/10683
Palandi, J., (2017). Pengembangan Aplikasi Web E-Learning Untuk Pendidikan Anti Korupsi Menggunakan Moodle. JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, VOL. 2, NO. 2 , NOVEMBER 2017, hal 173-181.
Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6 (2): 61-72.
Wahid, A, (2015). Pelatihan dan Penerapan E-Learning dan M-Learning Berbasis Moodle Bagi Guru Siswa Smk Persada dan Bajiminasa Makassar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 2, April 2015, hlm. 102-107.
Yakob. M & Sari. M. (2019). Peningkatan kemampuan Siswa SMP Membaca Puisi Dengan Metode Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 2 (1):93 - 103.
Yuhdi, A dan Amalia, N. (2018). Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. JURNAL Basastra Pendidikan Bahasa dan Sastra Unimed. Vol 7 (1) 2018 hal 14-22.
Purwanto, Ngalim, 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Ahmad Tafsir. 2008. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda karya
Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Diva Press.
Published
2022-06-15
How to Cite
Razak, A., Nasiah, S., Wardhana, K., Rahmawati, I., Ramadhan, D., Munirohwati, M., Toni, T., Yosinta, Y., & Syahputra, F. (2022). Diseminasi Pembelajaran Mikir di Madrasah Ibtidaiyah. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15-19. https://doi.org/10.21093/simas.v1i1.5123