Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Model Discovery Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas III semester 1 Pada MI Miftah Darussalam Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan, mata pelajaran Tematik pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup menggunakan model Discovery Learning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas 1 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Miftah Darussalam pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah peserta didik 10 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata presentasi.
Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus I, terdapat beberapa siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan juga belum mencapai tingkat ketuntasan secara keseluruhan. Pada hasil tes siklus Ⅱ menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM dan kriteria ketuntasan klasikal. Hal ini membuktikan bahwa Model Discovery Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 2 materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dikelas III MI Miftah Darussalam Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar peserta didik yang semakin meningkat, pada sikus Ⅰ persentase ketuntasan belajar yang diperoleh hanya 60% dan pada siklus Ⅱ meningkat menjadi 90%.
References
Armella, Rega. “KONSEP MANUSIA MENURUT PSIKOLOGI.” Psikologi Dakwah, 2022, 53.
Banawi, Asmin. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning.” BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science Dan Pendidikan 8, no. 1 (2019): 90–100.
Fatmawati, Endang, Abdi Yalida, Didik Efendi, Abdul Wahab, Akhmad Riandy Agusta, Retno Novitasari Kusumawardani, Diani Ayu Pratiwi, Dea Mustika, Emy Yunita Rahma Pratiwi, and I. Joko Dewanto. Pembelajaran Tematik. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.
Festiawan, Rifqi. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman, 2020, 1–17.
Hapudin, H. Muhammad Soleh. Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif Dan Efektif. Prenada Media, 2021.
Herwin, Herwin, Muhammad Said Husin, and Indriana Rahmawati. “Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqh Siswa Mts Nabil Husein Samarinda.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2021, 1–16.
Lase, Sadiana. “Hubungan Antara Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp.” Jurnal Warta Edisi 56 (2018): 1–829.
Lestari, Endang Titik. Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Deepublish, 2020.
Lestari, Nurindah, and Dessy Rizki Suryani. “Penggunaan Variasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI Ips 3 SMA Negeri 2 Merauke.” Musamus Journal of Mathematic Education 1, no. 2 (2019): 74–79.
Majid, Abdul. “Strategi Pembelajaran. Cet. 3.” Bandung: Rosdakarya, 2014.
Malik, Lina Revilla, Aji Dinda Amelia Kartika, and Wildan Saugi. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2020): 97–109.
Nasution, Fauziah, Wardatul Jannah, Ali Hasnan, and Jihan Nabila Luqiana. “Pengaruh Psikologi Pendidikan Terhadap Kualitas Peserta Didik.” MUDABBIR (JOURNAL RESEARCH AND EDUCATION STUDIES) 3, no. 1 (2023): 39–48.
Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (2022): 7911–15.
Putro, Khamim Zarkasih, Muhammad Adly Amri, Nuraisah Wulandari, and Dedek Kurniawan. “Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 124–40.
Razak, Abdul, Siti Nasiah, Kautsar Eka Wardhana, Indriana Rahmawati, Diva Ramadhan, and Munirohwati Munirohwati. “Diseminasi Pembelajaran Mikir Di Madrasah Ibtidaiyah.” SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2022): 13–16.
Salmi, Salmi. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips. 2 Sma Negeri 13 Palembang.” Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 6, no. 1 (2019): 1–16.
Setyawati, Endang. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik.” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan 3, no. 1 (2018): 50–59.
Shanthi, Rini Verary, and Nurul Maghfiroh. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Di MI Ma’arif Pulutan.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman 11, no. 1 (2020): 37–51.
Sinaga, Samuel Juliardi, Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi, Rizki Ananda, and Zuhar Ricky. “Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning Dan Direct Instruction,” 2022.
Tambunan, Hamonangan, Marsangkap Silitonga, and Uli Basa Sidabutar. Blended Learning Dengan Ragam Gaya Belajar. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Wahyudin, Wahyudin. “Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (2018): 249–65.
Wardhana, Kautsar Eka. “Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2022, 56–66.
Widada, Slamet. “Strategi Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Konsentrasi Dan Keaktifan Belajar Matematika.” Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam 10, no. 1 (2020): 10–18.
Yuliani, Muti, and Harni Harni. “Penggunaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Rendah Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 3 (2020): 2647–61.