Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Bersih Itu Sehat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

  • Alifviya Agustin Juhari UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Siswa

Abstract

Motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Bersih Itu Sehat kelas II masih rendah disebabkan karena guru terlalu monoton dalam dalm proses kegiatan belajar mengajar yaitu dengan menggunakan metode ceramah. Dengan peneliatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran PBL (Problem Based Lerning). Jenis penelitian ini merupakan penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan memberikan dua siklus pembelajaran terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2022. Dengan subyek penelitian 30 siswa kelas 2 B di SDN 003 Bontang Selatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PAI dengan tema "Bersih itu Sehat" telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SDN 003 Bontang Selatan.

References

Abarang, Noerzalina, and D. Delviany. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).” Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan 1, no. 2 (2021).
Achmad, Famli Javi. “PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ZAKIAH DARADJAT.” Universitas Pesantren Tinggi Darul’Ulum, 2020.
Anwar, Muhamad. Menjadi Guru Profesional. Prenada Media, 2018.
Aryanti, Dewi. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MELALUI MEDIA VISUAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 6, no. 1 (2023): 27–34.
Dahliana, Dahliana, Firnanda Pradana Putra, and Ahmad Maulana Syafi’i. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS V MI NURUDDIN I BANJARMASIN.” Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 1, no. 1 (2023): 47–61.
Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Bumi Aksara, 2021.
Gafar, A. Gafar Hidayat, and Tati Haryati. “Pembelajaran Tematik Integratif Pada Mata Pelajaran IPS Dalam Kurikulum 2013 Di SDN Teke Kecamatan Palibelo.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 3, no. 3 (2022): 202–10.
Halimah, Nur, and Adiyono Adiyono. “Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar.” EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research 2, no. 1 (2022): 160–67.
HERKOLANUS, HERI HEROGIONO. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN TAKTIS PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 KUALA BEHE.” IKIP PGRI PONTIANAK, 2023.
Hotimah, Husnul. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7, no. 2 (2020): 5–11.
Magdalena, Ina, Nur Fajriyati Islami, Eva Alanda Rasid, and Nadia Tasya Diasty. “Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan.” EDISI 2, no. 1 (2020): 132–39.
Mustaghfirin, Ahmad. “Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Pai Bp) Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.” UNISNU Jepara, 2021.
Panggabean, Suvriadi, Ana Widyastuti, Wika Karina Damayanti, Muhammad Nurtanto, Hani Subakti, Dina Chamidah, Lia Kristina Sianipar, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Friska Juliana Purba, and H. Cecep. Konsep Dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2021.
Rahmat, Pupu Saeful. Strategi Belajar Mengajar. Pt. Scopindo Media Pustaka, 2019.
Rifdah, Khonsaullabibah Maisun Nur, Muhammad Zaini, and Kautsar Eka Wardhana. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas V MI Materi Operasi Bilangan Pecahan Model PBL.” Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 1, no. 2 (2023): 1–16.
Rosyidah, Latifatur. “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Dalam Muatan IPA.” IAIN KUDUS, 2023.
Saputra, Muhammad Rohan, Kautsar Eka Wardhana, Rahmad Effendy, Rahmatul Muthmainnah, and Trianisa Ayu Anastasya. “Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6, no. 3 (2021): 167–82.
Suprihatin, Siti, and Yuni Mariani Manik. “Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 8, no. 1 (2020).
Susila, Dayu Tirta Puji. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii SMPN 4 Siak Hulu.” Universitas Islam Riau, 2019.
Susimardola, Susimardola, Emilia Dewiwati Pelipa, and Munawar Thoharudin. “PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 KAYAN HULU.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) 7, no. 1 (2022): 227–38.
Tamrin, Muhammad. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak Keluarga Konversi Agama Di Kupang.” TA’LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2022): 50–58.
Ulfah, Maria. “PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 3 GUNTUNG PAYUNG.” Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 3, no. 1 (2023).
Yeni, Dewi Fitri, Septia Lasia Putri, and Merika Setiawati. “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 X KOTO DIATAS.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 10, no. 2 (2022).
Published
2023-10-28
How to Cite
Juhari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Bersih Itu Sehat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(3). https://doi.org/10.21093/sippg.v1i3.6970