RESEPSI ORANG TUA DAN SANTRI TERHADAP METODE TALAQQI DI RUMAH TAHFIZH BALITA HAFIDZAH QUR'ANI (RHQ) SAMARINDA (Studi Living Qur’an Metode Talaqqi)
Abstract
Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua dan santri Rumah Tahfizh Balita Hafidzah Qur’ani Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif Studi Living Quran, pengumpulan data-data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, dan dua pengajar RHQ Samarinda serta responden pada penelitian ini yaitu orang tua dan santri RHQ Samarinda. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Adapun analisis data berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resepsi orang tua mengatakan metode talaqqi sangatlah efektif dan bagus digunakan untuk menghafal Al-Qur’an bahwasannya metode talaqqi lebih mudah digunakan untuk menghafal Al-Qur’an. Sedangkan resepsi santri mengatakan belajar di RHQ sangatlah menyenangkan dan asyik dikarenakan cara mengajar yang berbeda dari guru di RHQ Samarinda sehingga membuat santri tidak merasakan bosan. Selain itu, juga terdapat pembahasan resepsi terhadap metode talaqqi sebagai metode menghafal Al-Qur’an yaitu resepsi fungsional yang terdiri dari informatif yang menunjukkan bahwa penggunaan metode talaqqi terkesan lebih efektif, dan performatif bahwasannya menggunakan metode talaqqi untuk menghafal Al-Qura’an dianggap sebuah media yang cukup efektif karena menggunakan indera penglihatan dan pendengaran. Resepsi eksegesi sebagai tindakan menerima Al-Qur’an seperti pada saat dibaca, dipahami, kemudian diajarkan, dan Resepsi estetis bahwa Al-Qur’an dipandang sebagai teks suci yang memiliki keindahan dan nilai estetika resepsi ini juga bertujuan menunjukkan bahwa keindahan yang terdapat dalam Al-Qur’an benar-benar atraktif dan inheren.
References
Alghoriziyah, F. Penerapan Metode Wahdah dalam Meningkatkan Hafalan al-Qur’an Mahasantri di Ma’had al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN Raden Fatah Palembang, 2014).
Amin, Muhammad, dan Muhammad Arfah Nurhayat. "Resepsi Masyarakat Terhadap Al-Quran." Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama Vol. 21 No.2 (2020).
Atik Murobbiyatul Wardah, A. Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfiz al-Qur'an (Studi Multikasus di TK Khairunnas Nurul Hayat Surabaya dan SMP Khairunnas Nurul Hayat Tuban) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019).
Azizah, Annafi Nurul Ilmi, Marhumah Marhumah, and Feri Faila Sufa. "Talaqqi Method: Children's Language Development in Tahfidzul Al-Qur'an Program During Covid-19 Pandemic." JOYCED: Journal of Early Childhood Education Vol.1 No.2 hal.74-87. (2021).
CA, Jogiyanto Hartono M, Prof, Dr, MBA, Ak, CMA, Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data (Penerbit Andi).
Diah Utami ,Ratnasari, Yosina Maharani, “Kelebihan dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah”, Jurnal Profesi Pendidikan DasarI, Vol.5, No.2, Desember 2018, hal.188-189.
Effendi, Sofian. Sejarah dan Perkembangan Metode Pembelajaran Baca Al-Qur’an Di Indonesia. Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, 2021.
Elvi Khairiah, Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Ajun Aceh Besar (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2021).
Fairuzillah, M. N. Pengalaman Orang Tua Dalam Mendidik Aanak Untuk Menghafal Al-Qur’an Sejak Dini (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia, 2021).
Farida Nugrahani, M.Hum, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia (Surakarta: Cakra Books, 2014).
Hardani, Dkk, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif (Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020).
Huda, Nur, and Athiyyatus Sa’adah Albadriyah. "Living Quran: Resepsi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Husna Desa Sidorejo Pamotan Rembang." Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman Vol.8 No.3. hal.358-376. (2020).
Krisnawati, N. M., & Khotimah, S. H. Peningkatan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Anak Usia Dini. (Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, Vol.73, No.1 Hal.99-107, 2021).
Lestari, Fuji. “Al-Qur’an dan Penyembuhan (Studi Living Qur’an Tentang Praktik Pengobatan Alternatif Bengkel Menungso di Dusun Janten Kelurahan Pedurungan Tengah Kecamatan Kedurungan Semarang).” Universitas Islam Negeri Wali Songo Semarang 2018.
M. Prawiro, “Pengertian Metode: Apa Itu Metode, Bagaimana Karakteristiknya”. Dalam https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-metode.html. Diakses pada Juni 2020.
M.Afandi, Evi Chamala, Oktarina Puspita W, Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, (Semarang, Unissula Pressa, 2013)
Mahama, Ahmadzakee dan Phaosan jehwe. “Kaidah Hafalan Al-Qur’an Pada Madrasah Tahfiz Annur Markaz Yala dan Madrasah Darussalam Rangek Narattiwat di Thailand Selatan”. Wardah, Vol 18 No. 2, 2017
Mansur, Muhammad, Living Qur’an Dalam Lintasan Sejarah Studi Al-Qur’an, Dalam Metode Penelitian Living Qur’an & Hadist, (Yogyakarta: TH-Press,2007).
Mansyur Muhammad, Muhammad Mansyur dkk, Metode Penelitian Living Qur’an dan Hadist. Yogyakarta: Kanisius. 1991.
Mardhiyah, U. Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Futuhiyyah 1 Kabupaten Lampung Utara (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung, 2020).
Marwa, Fauziah. Penggunaan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an melalui Daring Siswa Kelas 5 di SDIT Menara Kuwait Kecamatan Tambun Selatan. Diss. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2021.
Muhamad, N., Hashim, A., Abdullah, W. H., Kamarul Zaman, M. A., & Zamri, F. A. Kaedah Talaqqi Musyafahah dalam Pengajaran Al Quran Wa Al-Hifz Kurikulum Dini SABK di Perak. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 4 (32), 273-283. 2019.
Mukarromah, Hanifatul. "Resepsi Menghafal Al-Qur’an di Dunia Maya (Studi Living Qur’an Akun Instagram@ Tahfidz_Online)." (Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, 2020).
Muliani, A. Meningkatkan Kepercayaan (TRUST) Orang Tua Siswa Terhadap Sekolah Melalui Pembelajaran Tahfizh (Hafalan Al-Qur’an Studi Kasus Di SMP X) (Doctoral dissertation, UNPAS, 2016).
Muslimin, A. Implementasi Metode Halaqah Dan Resitasi Dalam Tahfidz Al-Quran Di Sdit El–Haq Banjarsari Buduran Sidoarjo. (Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1, No.1, Hal. 55-62, 2016).
Mustaqim, Abdul,” Metode Penelitian al-Qur’an dan Tafsir, (Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta, 2019)
Nawawi, Imam, "Riyadhu ash Shalihin min Kalam Sayyid Al Mursalin", Terj., Solihin, Riyadus Shalihin (taman orang -orang salih) , Cet I (Jakarta Timur : Pustaka Al Kautsar, 2015).
Novitasari, Diana. Peningkatan kemampuan menghafal hadits tentang takwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui metode talaqqi pada siswa kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.
Nurzulaikha, N. Efektivitas Penerapan Metode Talaqqi untuk Membentuk Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Falah Manyampa Desa Bontoala Kec. Pallangga Kab. Gowa (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019).
Puri, Lismining. Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Santri Tunanetra (Studi Living Qur’an di Pesantren Raudlatul Makfufin Serpong Tangerang Selatan). Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, 2019.
Qawi, Abdul. "Peningkatan prestasi belajar hafalan al-qur’an melalui metode talaqqi di mtsn gampong teungoh aceh Utara." Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol.16 No.2 hal.265-283. (2017).
Rafiq, Ahmad. “Sejarah Qur’an: dari kewahyuan ke resepsi (sebuah pencarian awal metodologis) dalam syahiron syamsuddin (ED), Islam, tradisi dan peradaban. (Yogyakarta: Bina Mulia Press, 2012)
Rahmadani, S. Efektivitas Metode Muroja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Khadimul Ummah Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. (Universitas Muhammadiyah Makassar, 2021).
Risky Oktavian A, Praktik Hafalan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Tabarak Di Rutaba Mahya, Cilandak (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2021)
Romdhoni, A. Tradisi Hafalan Qur’an di Masyarakat Muslim Indonesia. (Journal Of Qur'an And Hadith Studies, Vol. 4, No.1, Hal. 1-18, 2015).
Sahril, S. Implementasi Metode Talaqqi dalam Memperbaiki Tajwid dan Fasahah sebelum Menghafal al-Quran Santri di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Al-Imam Ashim Makassar (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019).
Saihu, S. Peran Penghafal Al-Qur'an (Juz'amma). (Koordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam , 19 (1), 53-74, 2020).
Semiawan, Prof Dr Conny R., Metode Penelitian Kualitatif (Grasindo)
Sintesta Badrussalam, "Menghafal Al-Quran Akan Mudah dengan Metode Ini (MetodeTalaqqi)",https://sintesa.net/metodetalaqqi/,diakses pada Mei 2019
Susianti, C. Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. (Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 1-19, 2017).
Syaiful Amri Wibowo, M.Wildan. “Talaqqi Sebagai Metode Pembelajaran Al-Qur’an”. dalam https://tafsiralquran.id/talaqqi-sebagai-metode-pembelajaran-al-quran/amp/. Diakses Januari 2022. Syamsudin, Sahiron Metode Penelitian Living Qur’an dan Hadist (Yogyakarta: Teras, 2007)
Syarifuddin, S., & Baso, S. Makna Menghafal Al-Qur’an Bagi Masyarakat. Al-Tafaqquh: (Journal of Islamic Law, Vol.1 No.1, hal 49-72. (2020).
Ubaydi Hasbillah, Ahmad, _"Ilmu Living Quran - Hadis (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi), (Tanggerang: Maktabah Darus-Sunnah, 2019).
Ulfah, ISI, & Junaedi, D. Metode Resepsi Terhadap Ragam Tahfizh Al Quran: Studi Living Alquran Di Pondok Pesantren Assalafie Dan Assalafiat Babakan Ciwaringin Cirebon. (Diya Al-Afkar: Jurnal Studi al-Quran dan al-Hadis , Vol.7 No.1 hal. 67-78. (2019).
Umami, Halida. Implementasi metode Talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Griya Shanta Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, (2020)
Zaman, Akhmad Roja Badrus, “Resepsi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto”, Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol.4 No.1.17. (2019).