KITAB TANQIH AL-QAUL AL-HATSISTS SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI (PENJELASAN KITAB LULAB AL-HADIS KARYA IMAM SUYUTI)

(Penjelasan Kitab Lulab Al-Hadis Karya Imam Suyuti)

  • Leni Setriani UII

Abstract

Kitab Tanqīḥ al-Qaūl karya Syekh Nawawī merupakan teks naratif dengan bahasa dan metode yang cukup sederhana. Selain itu, tidak menyajikan argumen-argumen ilmiah yang membutuhkan pemikiran yang matang untuk dipahami. Jika Anda melihat lebih dalam isi Kitab Tanqīḥ al-Qaūl, Anda akan melihat keluasan ilmu yang dimiliki Syekh Nawawī. Pendapatnya yang diungkapkan dapat ditemukan dalam suplemen ḥadīṡ-ḥadīṡ yang terdapat dalam teks, Kitab Lubābul al -Ḥadīṡ, dan lebih disukai ḥadīṡ- ḥadīṡ lain setelah pembahasan, baik untuk perbandingan keduanya untuk memperkuat kualitas ḥadīṡ dalam teks, sering disebut sebagai martir. Tanqīḥ al-Qaūl memiliki ciri yaitu merujuk pada keterkaitan antara ayat-ayat Alquran dengan tema surah-surah, membahas biografi para sahabat Nabi, menjelaskan makna hadis, tafsir hadis dan ulasan tentang kualitas hadits. hadits. Syekh Nawawi menggunakan pendekatan sufistik dengan perspektif fikih. Ketika mengomentari kitab Lubāb al-Ḥadīṡ, Syekh Nawawī menggunakan metode Ijmālī. Pada mulanya, metode Ijmālī mengacu pada metode tafsir dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan menyampaikan makna secara utuh, menulis tafsir sesuai dengan struktur mushaf. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian pustakawan dengan pendekatan kualitatif.

Kata kunci : Tanqīḥ al-Qaūl, Syekh Nawawī, Lubābul al -Ḥadīṡ, sufistik, ijmali.

References

al-Bantani, N. (tt). Tanqih al-Qaul al-Hatsits. Kairo: ’Isa al-Halabi.
Burhanuddin, M. S., Syamsuddin, Muh. and Qudsy, S. Z. (2019). Kajian Kontemporer terhadap Karya Nawawi Al-Bantani | Burhanuddin | DINIKA : Academic Journal of Islamic Studies. DINIKA: Academic Journal of Islamic Studies, 4(1). (Accessed: 22 July 2020).
Laduni.id. Fachrul. Syekh Nawawi al-bantani jelaskan makna dibalik kalimat bismillahirrahamnirrahiim. 12 Agustus 2023. https://www.laduni.id/post/read/70973/syekh-nawawi-al-bantani-jelaskan-makna-dibalik-kalimat-bismillahirrahamnirrahiim
No Name. sekilas tentang kitab tanqīḥ al-qaūl karya syekh nawawī al-bantani. 12 Agustus 2023. http://repository.uinbanten.ac.id/cgi/search
Nurzakka, Muhammad. study of tanqih al-qaul al-hatsits: the book of sheikh nawawi al bantani. Jurnal living hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol. VI, Nomor 1, Juni 2021; hal 21-48. 12 Agustus 2023. https://www.neliti.com/id/publications/470602/study-of-tanqih-al-qaul-al-hatsits-the-book-of-sheikh-nawawi-al-bantani.
Published
2023-10-31