Hubungan Motivasi Beragama dengan Kematangan Beragama Mahasiswa Ma’had Al Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Samarinda
Abstract
Ma’had Al Jami’ah menjadi suatu program pengayaan kemampuan dalam bidang agama yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi beragama dengan kematangan beragama pada mahasiswa. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Ma’had Al Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Samarinda angkatan 2019/2020 dengan jumlah 63 orang. Kuesioner sebagai instrumen utama yang peneliti gunakan dalam pengumpulan data. Setelah data terkumpul, peneliti olah menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi beragama dengan kematangan beragama (r = 0, 675 dan p = 0,000), dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi motivasi beragama mahasiswa maka semakin tinggi pula kematangan beragamanya, dan begitu juga sebaliknya semakin rendah motivasi beragama maka semakin rendah kematangan beragama pada mahasiswa.
References
Agustini, R. (2019). Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.784
Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan teknik sampling berdasarkan perhitungan efisiensi relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p
Azizi, A., & Hunainah, H. (2020). Pendidikan karakter perspektif Hamka. QATHRUNÂ, 7(2), 63–82. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i2.3534
Faiz, F. (2017). Front Pembela Islam: Antara kekerasan dan kematangan beragama. Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 8(2), 347–366. https://doi.org/10.24042/klm.v8i2.226
Fathoni, S. (2016). Haflah akhir sanah santri pesantren kampus (Peskam) IAIN Samarinda. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2016/07/13/haflah-akhir-sanah-santri-pesantren-kampus-peskam-iain-samarinda/
Hamka, H. (2015). Tafsir Al-Azhar: Diperkaya dengan pendekatan sejarah, sosiologi, tasawuf, ilmu kalam, sastra, dan psikologi. Gema Insani.
HUMAS. (2017). Peskam buka pendaftaran dan wajib diikuti seluruh mahasiswa baru. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2017/07/03/peskam-buka-pendaftaran-dan-wajid-ikuti-seluruh-mahasiswa-baru/
HUMAS. (2018). Pesantren kampus siap terima mahasantri baru. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2018/05/23/pesantren-kampus-siap-terima-mahasantri-baru/
HUMAS. (2019). Profil Ma’had Al-jami’ah (Pesantren Kampus) IAIN Samarinda. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2019/11/26/profil-mahad-al-jamiah-pesantren-kampus-iain-samarinda/
Isnawati, I. (2019). Pengaruh kualitas keberagamaan orang tua terhadap motivasi belajar PAI siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 114–230. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.2912
Jannah, S. M., & Nawir, M. (2019). Harmonisasi agama (Studi kasus koeksistensi umat beragama di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(2), 133–140. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2595
Jauhari, M. A., Nuraini, L., & Alnashr, M. S. (2019). Hubungan kematangan beragama dengan karakter Al-ḤIRṢ mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA Pati. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(2), 146–165. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i2.3105
Kahfi, A. S. (2016). “Komitmen beragama Islam”, “konsep diri” dan "regulasi diri " para pengguna narkoba. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 21(1), 87–104. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol21.iss1.art9
Muadin, A. (2017). Bangun karakter mahasiswa melalui program pesantren kampus. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2017/08/11/bangun-karakter-mahasiswa-melalui-program-pesantren-kampus/
Muallifin, M. F. (2018). Meningkatkan motivasi dan perilaku beragama siswa MI (Studi Literasi). Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 210–234. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.12
Musfiroh, I. A. (2019). Pendayagunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) dI IAIN Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.1421
Nirwana, A. (2020). Konsep pendidikan psikologi religiusitas remaja muslim dalam motivasi beragama. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 71–88. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.324
Nur, J. M., Azhari, A., & Urka, A. (2020). Implementasi prinsip yakin pada rukun iman dalam konseling Islam. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 8(3), 255–270. https://doi.org/10.15575/irsyad.v8i3.2049
Riady, A. S. (2019). Salam, shalom, dan shanti; Orientasi kerukunan umat beragama di Dukuh Caben, Desa Sumbermulyo, Bantul. Dialektika: Jurnal Pemikiran Islam dan Ilmu Sosial, 12(2), 158–167. https://doi.org/10.33477/dj.v12i2.1087
Sabiq, A. F. (2020). Analisis kematangan beragama dan kepribadian serta korelasi dan kontribusinya terhadap sikap toleransi. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 23–49. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.23-49
Setiawan, N. A. (2017). Pengaruh pelatihan penetapan tujuan (goal setting) untuk meningkatkan motivasi belajar agama Islam pada mahasiswa. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(1), 31–51. https://doi.org/10.24042/ajsla.v12i1.1443
Shofaussamawati, S. (2018). Iman dan kehidupan sosial. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 2(2), 211–224. https://doi.org/10.21043/riwayah.v2i2.3133
Syukri, M., & Abidin, Z. (2019). Strategi komunikasi Pondok Pesantren Darun Najah Duman dalam meningkatkan religiusitas masyarakat di desa duman kec. Lingsar kab. Lombok barat. KOMUNIKE, 11(2), 99–126. https://doi.org/10.20414/jurkom.v11i2.2287
Ulfah, M. (2019). Pengaruh dukungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap penyesuaian diri santri. TAZKIYA: Journal of Psychology, 4(2), 17–32. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v4i2.10837
Warsah, I. (2018). Relevansi relasi sosial terhadap motivasi beragama dalam mempertahankan identitas keislaman di tengah masyarakat multi agama (Studi Fenomenologi di Desa Suro Bali Kepahiang Bengkulu). Kontekstualita, 34(2), 149–177. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.v34i02.42
Authors who publish articles in TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following conditions:
- Authors own the article's copyright and grant the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange and earlier and more extraordinary citation of the published work.