Hubungan Motivasi Beragama dengan Kematangan Beragama Mahasiswa Ma’had Al Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Samarinda

  • Nurul Kharimah Institut Agama Islam Negeri Samarinda
  • Syatria Adymas Pranajaya Institut Agama Islam Negeri Samarinda
Keywords: kematangan beragama, motivasi beragama, pesantren kampus

Abstract

Ma’had Al Jami’ah menjadi suatu program pengayaan kemampuan dalam bidang agama yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi beragama dengan kematangan beragama pada mahasiswa. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Ma’had Al Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Samarinda angkatan 2019/2020 dengan jumlah 63 orang. Kuesioner sebagai instrumen utama yang peneliti gunakan dalam pengumpulan data. Setelah data terkumpul, peneliti olah menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi beragama dengan kematangan beragama (r = 0, 675 dan p = 0,000), dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi motivasi beragama mahasiswa maka semakin tinggi pula kematangan beragamanya, dan begitu juga sebaliknya semakin rendah motivasi beragama maka semakin rendah kematangan beragama pada mahasiswa.

References

Agustini, R. (2019). Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.784

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan teknik sampling berdasarkan perhitungan efisiensi relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p

Azizi, A., & Hunainah, H. (2020). Pendidikan karakter perspektif Hamka. QATHRUNÂ, 7(2), 63–82. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i2.3534

Faiz, F. (2017). Front Pembela Islam: Antara kekerasan dan kematangan beragama. Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 8(2), 347–366. https://doi.org/10.24042/klm.v8i2.226

Fathoni, S. (2016). Haflah akhir sanah santri pesantren kampus (Peskam) IAIN Samarinda. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2016/07/13/haflah-akhir-sanah-santri-pesantren-kampus-peskam-iain-samarinda/

Hamka, H. (2015). Tafsir Al-Azhar: Diperkaya dengan pendekatan sejarah, sosiologi, tasawuf, ilmu kalam, sastra, dan psikologi. Gema Insani.

HUMAS. (2017). Peskam buka pendaftaran dan wajib diikuti seluruh mahasiswa baru. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2017/07/03/peskam-buka-pendaftaran-dan-wajid-ikuti-seluruh-mahasiswa-baru/

HUMAS. (2018). Pesantren kampus siap terima mahasantri baru. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2018/05/23/pesantren-kampus-siap-terima-mahasantri-baru/

HUMAS. (2019). Profil Ma’had Al-jami’ah (Pesantren Kampus) IAIN Samarinda. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2019/11/26/profil-mahad-al-jamiah-pesantren-kampus-iain-samarinda/

Isnawati, I. (2019). Pengaruh kualitas keberagamaan orang tua terhadap motivasi belajar PAI siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 114–230. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.2912

Jannah, S. M., & Nawir, M. (2019). Harmonisasi agama (Studi kasus koeksistensi umat beragama di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(2), 133–140. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2595

Jauhari, M. A., Nuraini, L., & Alnashr, M. S. (2019). Hubungan kematangan beragama dengan karakter Al-ḤIRṢ mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA Pati. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(2), 146–165. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i2.3105

Kahfi, A. S. (2016). “Komitmen beragama Islam”, “konsep diri” dan "regulasi diri " para pengguna narkoba. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 21(1), 87–104. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol21.iss1.art9

Muadin, A. (2017). Bangun karakter mahasiswa melalui program pesantren kampus. IAINNEWS. https://www.uinsi.ac.id/2017/08/11/bangun-karakter-mahasiswa-melalui-program-pesantren-kampus/

Muallifin, M. F. (2018). Meningkatkan motivasi dan perilaku beragama siswa MI (Studi Literasi). Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 210–234. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.12

Musfiroh, I. A. (2019). Pendayagunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) dI IAIN Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.1421

Nirwana, A. (2020). Konsep pendidikan psikologi religiusitas remaja muslim dalam motivasi beragama. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 71–88. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.324

Nur, J. M., Azhari, A., & Urka, A. (2020). Implementasi prinsip yakin pada rukun iman dalam konseling Islam. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 8(3), 255–270. https://doi.org/10.15575/irsyad.v8i3.2049

Riady, A. S. (2019). Salam, shalom, dan shanti; Orientasi kerukunan umat beragama di Dukuh Caben, Desa Sumbermulyo, Bantul. Dialektika: Jurnal Pemikiran Islam dan Ilmu Sosial, 12(2), 158–167. https://doi.org/10.33477/dj.v12i2.1087

Sabiq, A. F. (2020). Analisis kematangan beragama dan kepribadian serta korelasi dan kontribusinya terhadap sikap toleransi. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 23–49. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.23-49

Setiawan, N. A. (2017). Pengaruh pelatihan penetapan tujuan (goal setting) untuk meningkatkan motivasi belajar agama Islam pada mahasiswa. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(1), 31–51. https://doi.org/10.24042/ajsla.v12i1.1443

Shofaussamawati, S. (2018). Iman dan kehidupan sosial. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 2(2), 211–224. https://doi.org/10.21043/riwayah.v2i2.3133

Syukri, M., & Abidin, Z. (2019). Strategi komunikasi Pondok Pesantren Darun Najah Duman dalam meningkatkan religiusitas masyarakat di desa duman kec. Lingsar kab. Lombok barat. KOMUNIKE, 11(2), 99–126. https://doi.org/10.20414/jurkom.v11i2.2287

Ulfah, M. (2019). Pengaruh dukungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap penyesuaian diri santri. TAZKIYA: Journal of Psychology, 4(2), 17–32. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v4i2.10837

Warsah, I. (2018). Relevansi relasi sosial terhadap motivasi beragama dalam mempertahankan identitas keislaman di tengah masyarakat multi agama (Studi Fenomenologi di Desa Suro Bali Kepahiang Bengkulu). Kontekstualita, 34(2), 149–177. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.v34i02.42

Published
2020-12-28
How to Cite
Kharimah, N., & Pranajaya, S. (2020). Hubungan Motivasi Beragama dengan Kematangan Beragama Mahasiswa Ma’had Al Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Samarinda. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 102-111. https://doi.org/10.21093/tj.v1i2.4232
Section
Articles