Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Abstract
Mengembangkan kepribadian dan kemampuan dalam proses pendidikan disekolah adalah hal yang perlu dilakukan bagi setiap peserta didik, karena salah satu kunci kesuksesan bagi peserta didik adalah dengan cara mengasah atau mengembangkan potensi, minat dan bakat sesuai dengan passionnya. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dapat menjadi sarana untuk mengembangkan potensi dan minat bakat peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review atau telaah pustaka berdasarkan artikel jurnal yang berkaitan dengan minat bakat peserta didik serta hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah seperti prinsip, strategi, dan upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kegiatan tersebut. Hasil telaah pustaka menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan potensi dan minat bakat karena memiliki berbagai macam kegiatan, prinsip, dan pedoman yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Namun, dalam proses pelaksanaannya, peserta didik memerlukan dukungan dari berbagai pihak seperti keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar agar dapat mengembangkan potensi diri dengan maksimal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membangun hubungan interpersonal yang baik, memberikan support dan menjadi motivator sekaligus fasilitator bagi peserta didik.
References
Aisara, F., Nursaptini, & Widodo, A. (2020). Melestarikan kembali budaya lokal melalui kegiatan ekstrakulikuler untuk anak usia sekolah dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166.
Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Kencana Prenadamedia Group.
Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasinya. Kencana Prenadamedia Group.
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di SD Adiwiyata. Islamika : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 161–169. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570
Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media Group.
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Basaria, D., & Suyasa, P. Tommy. Y. S. (2021). Assessment penelusuran karir akademik berdasarkan kesesuaian persepsi bakat dan minat di sekolah menengah atas Kanaan Jakarta. Prosiding Pengembangan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 89–98. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.14976
Dahliyana, A. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 54–64. https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v15i1.5628
Hasan, S. (2018). Profesi dan profesionalisme guru. Uwais Inspirasi Indonesia.
Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan karakter di sekolah: Revitalisasi peran sekolah dalam menyiapkan generasi bangsa berkarakter. Samudra Biru.
Lengkey, Y. (2020). Peran guru bimbingan dan konseling dalam pengembangan minat dan bakat siswa. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–7.
Lestari, M. A. (2020). Bimbingan konseling di SD (mendampingi siswa meraih mimpi). CV. Budi Utama.
Magdalena, I., Septina, Y., Zahra, R. A., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), 278–287.
Munastiwi, E. (2018). Manajemen ekstrakurikuler pendidikan anak usia dini (PAUD). Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369–378. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09
Natsir, N. F., Aisyah, A., Hasbiyallah, & Ihsan, M. N. (2018). Mutu pendidikan: Kerjasama guru dan orang tua. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 311–327. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3315
Nufi, A., Agansya, A., Pertiwi, B., & Yuani, F. D. (2018). Guru wow untuk kids zaman now. DIVA Press (Anggota IKAPI).
Oktavianti, F., & Busyairi, A. (2019). Manajemen peserta didik dalam pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler. Joyful Learning Journal, 8(4), 184–192.
Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. CV. Budi Utama.
Rizqina, A. L. (2020). Manajemen ekstrakurikuler pada peserta didik di PAUD IT Alhamdulillah Yogyakarta. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 116–123. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.214
Rozikan, M. (2018). Penguatan karakter anak usia dini melalui bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i2.614
Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan pemahaman orang tua dalam menstimulasi perkembangan anak dengan pendekatan steam melalui program home visit. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2), 93–105. https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p93-105.1566
Sari, S. L., Devianti, R., & Safitri, N. (2018). Kelekatan orangtua untuk pembentukan untuk pembentukan karakter anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 17–31. https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4947
Shilviana, K. F., & Hamami, T. (2020). Pengembangan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Silahuddin. (2017). Peranan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam pendidikan Islam: Pengembangan bakat minat anak. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–22.
Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan kreativitas siswa. Guepedia.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. CV. Budi Utama.
Wahyuni, L. S. (2018). Peran strategis kegiatan ekstrakulikuler dalam penguatan pendidikan karakter. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 1(1), 70–76. https://doi.org/10.47239/jgdd.v1i1.21
Wardan, K. (2019). Guru sebagai profesi. CV. Budi Utama.
Wurdianto, K. (2020). Pengaruh kegiatan ekstrakulikuler terhadap prestasi belajar. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 34–48.
Yumnah, S. (2016). Kecerdasan anak dalam pengenalan potensi diri. Jurnal Studi Islam, 11(2), 22–34.
Zarkasyi, A. (2016). Konsep pengembangan program unggulan di lembaga pendidikan Islam. Jurnal Al-Makrifat, 1(1), 35–52.
Authors who publish articles in TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following conditions:
- Authors own the article's copyright and grant the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange and earlier and more extraordinary citation of the published work.