Studi Aspek Afektif pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

  • Saipul Hadi IAIN Samarinda
Keywords: Afektif, Kompetensi. Aqidah Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Mohammad Nuh (Menteri Pendidikan periode 2009-2014) mengatakan bahwa kurikulum 2013 menitikberatkan pada pengembangan aspek sikap (afektif) peserta didik. Untuk membuktikan kebenaran, ketepatan dan keabsahan titik berat tersebut, maka harus dilakukan analisis dengan teori afektif dalam pendidikan yang dikembangkan oleh Krathwohl. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa wujud dan bukti aspek afektif yang terdapat pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah dari kelas I sampai kelas VI. Penelitian ini masuk pada penelitian pustaka yang bersifat deskriptif analitik yang disajikan berbentuk uraian temuan dengan menggunakan teori pendidikan afeksi, kemudian dilanjutkan dengan penarikan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam bunyi-bunyi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar terdapat wujud aspek afektif dengan berbagai tingkatan. Dari yang paling dasar sampai tingkat yang paling tinggi (receiving, responding, valuing, organization, dan  characterization).

Author Biography

Saipul Hadi, IAIN Samarinda
Teacher Training and Tarbiyah Faculty IAIN Samarinda

References

Bloom, Benjamin S. et. al, Taxonomy of Educational Objektif, Handbook I: Cognitive Domain (New York: David McKay, 1956).

Kartono, Kartini, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Cet. VII, Bandung: Mandar Maju, 1996.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Konfigurasi Nila-nilai Karakter di Sekolah (jakarta; t.p., 2013)

Koran Kompas dalam opini tertanggal Jumat, 8 Maret 2013 | 08:20 WIB.

Khoironi Alfi Ni’matin, “Pendidikan Karakter Anak Usia dini di RA Sunan Pandanaran Yogyakarta: Studi Analisis dalam Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik” , Tesis, Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 2014.

Krathwohl, David R. et al., Taxonomy of Educational Objective, the classification of educational goals, handbook II: Affective Domain, (London: Longman Group, 1964).

Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008)

Munip Abdul, Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Nisaa’ Chairun, “Penerapan Tehnik Evaluasi Non Tes untuk Mengevaluasi Ranah Afektif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI (Studi Kasus di MIN Pejangan, MI Ma’arif Giriloyo II MI Muhammadiyah Jogonalan)”, Tesis, Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 2014.

Siti Aisyah, “Menanamkan Nilai Kejujuran Sebagai Revolusi Mental pada Generasi Penerus Bangsa” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, Vol. 6 No. 2, (2019)

Surachman, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar , Metode, Teknik Bandung: Tarsita, 1990.

Surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor : 2676 tahun 2013 tentang kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
Published
2020-11-29