Analisis Materi Pokok Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV MI/SD

  • Ruja Wati UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Wahyu Iskandar STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
Keywords: Analisis materi, Seni budaya dan prakarya (SBdP)

Abstract

Tujuan tulisan ini untuk mengetahui ruang lingkup materi Pokok SBdP IV SD/MI, Relevansi materi pokok SBDP Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS), Inovasi Materi Pokok SBdP Berbasis Integrasi Interkoneksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research) yaitu dengan cara menghimpun data dari berbagai sumber literatur dengan cara meliputi buku-buku dan artikel-artikel ilmiah yang berhubungan dengan penelitian yang sedang dilakukan. Serta melakukan analisis materi pokok seni budaya dan prakarya (SBDP). Penulis menyajikan hasil temuan data secara objektif dan sistematis melalui teknik analisis deskriptif data.  Adapun hasil penelitian ini (1) Ruang lingkup materi pokok SBDP yaitu: Apresiasi serta kreasi karya seni rupa, Apresiasi kreasi karya seni musik, Apresiasi karya seni tari, Apresiasi kreasi prakarya, Apresiasi warisan budaya, Apresiasi serta kreasi karya seni. (2) Relevansi materi pokok SBDP Terhadap Higher order thinking skills (HOTS) yaitu struktur keilmuan, karakteristik perkembangan peserta didik, kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS), abad 21 (4C), literasi budaya dan kewarganegaraan, literasi digital, dan pendidikan karakter. (3) Inovasi materi pokok SBDP berbasis integrasi interkoneksi yang berarti menggabungkan materi atau kompetensi SBDP dengan mata pelajaran lain. Pendekatan yang dapat dilakukan yaitu pendekatan intradisipliner, interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.

Author Biography

Ruja Wati, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Ardipal, “Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal Bagi Peserta Didik di Masa Depan”, Jurnal Bahasa dan Seni, Vol. 11, No. 1 (2010): 1-10. https://doi.org/10.24036/komposisi.v11i1.69

Elvanisi Ade, “Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Sekolah Menengah Atas,” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 4 (2) (2018): 245-252. DOI. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426

Fanani Achmad, Kusmaharti Dian “Pengembangan Pembelajaran Yang Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Disekolah Dasar Kelas V”, JPD: Jurnal Pendidikan Dasar 9 (1) (2018): 1-11 DOI. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Fitrianawati Meita, Hendroanto Aan, Widayati, “Pelatihan Pembelajaran Berbasis HOTS dan Pendidikan Matematika Realistik Bagi Guru SD di Kabupaten Sleman” Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, (2019), http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2366

Hardiyati Wiji dkk, 2009, Pendidikan Islam dalam Wacana Integrasi-interkoneksi, (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Haningtyas Apriliani Aulia , Hubungan Antara Minat dan Kecerdasan Kinestetik Terhadap Keterampilan Menari Kelas V SDN Gugus Kartini Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. 2019, Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Hayat Bahrul, Yusuf Syhendra. (2010). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara)

Herawati Rahayu, Rustono W.S, Hamdu Ghullam, “Pengembangan Asesmen HOTS pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain dengan Benda-benda di Sekitar” Pedadidaktika, 1 (2), 2014. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/4975/3493.

Iskandar Wahyu, Kemampuan Berkomunikasi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD IT Ummi Darussalam Bandar Setia, Skripsi, 2018, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan, (Jakarta: Gerakan Literasi Nasional)

Kusumastuti Eny, “Multikultural Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa”, Harmonia Journal of Arts Research and Education 10 (2) (2010):1-15. DOI. https://doi.org/10.15294/harmonia.v10i2

Kurnianingsih Indah, Dkk, ‘’Upaya Peningkatan Literasi Digital Bagi Tenaga Keperpustakaan Sekolah Serta Guru Diwilayah Jakarta Pusal Melalui Pelatihan Literasi Informasi’’, Jurnal Pengapdian Kepada Masyarakat. 3 (1) (2017): 61-76 DOI. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Kuntarto Eko, Alirmansyah, Kurniawan Rimba Agung, “Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam merancang“ Jurnal Kiprah, 7 (2) (2019), https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/article/view/1454

Lestari Anggi, Saepurrohman Asep, Hamdu Ghullam, “Pengembangan Soal Tes Berbasis HOTS pada Model Pembelajaran Latihan Penelitian di Sekolah Dasar” Pedadidaktika, 3 (1) (2016), https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/4801

Malawwi Ibadullah Dkk, 2019, Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu, (Magetan:CV AE Media Grafika)

Mareza Lia, “Pendidikan Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Sebagai Strategi Intervensi Umum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”, Scholaria 7 (1) (2017): 35 – 38. DOI. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p35-38

Martini, Jamaris. Kesulitan Belajar Perspektif Asesmen Serta Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Mursid R, Saragih Hasan Abdul, Simbolon Naeklan, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK dan Sikap Inovasi Terhadap Hasil Belajar Perencanaan Pembelajaran dengan HOTS” Jurnal Tekonologi dan Informasi dalam Pendidikan, 4 (2) (2017), https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/8765

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madarasah Ibtidaiyah

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Inti dan Standar Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah,

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Mengenai Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah

Priyanti Endah Tri. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013, (Jakarta: PT Bumi Aksara)

Prastwo Andi. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. (Jakarta: Kencana)

Susanti Herfi, Pengembangan Buku Panduan Membuat Batik Teknik Tulis Jumput Pada Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas V Di Sd Muhammadiyah 16 Semarang. Thesis 2017, Universitas Negeri Semarang.

Santosa Pria, Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Seni Budaya Dan Keterampilan Materi Membuat Batik Jumput Kelas V Sd Labschool Unnes, 2017, Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Group)

Tim, 2006, Kerangka Dasar Pengembangan Kurikulum, (Yogyakarta: Pokja Akademik)

Yaumi Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter Landasan Pilar Serta Implementasi, (Jakarta: Kencana)

Wibawa Prasetya Ramadhan, Agustina Ririn Dinna, “Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia” Equilibrium, 7 (2) (2019), http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/4779

Yayuk Erna, Deviana Tyas, Sulistyani Nawang, “Implementasi Pembelajaran dan Penilaian HOTS pada Siswa Kelas 4 Sekolah Indonesia Bangkok Thailand” JINOP, Vol. 5, No. 2 (2019): 107-122.

Yunus, Abidin, dkk. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Sains Membaca Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Published
2020-11-29