Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19

  • Ordekoria Saragih Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • F. Ari Anggraini Sebayang Fakultas Sains & TI, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Indonesia
  • Arman Bemby Sinaga Fakultas Sains & TI, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Rasyid Ridlo Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: persepsi mahasiswa, pembelajaran daring, proses belajar mengajar kapabilitas dosen, sarana prasarana

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 yang telah berjalan selama lebih kurang satu semester. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 296 orang yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan purposive sampling untuk mendapatkan persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring yang telah diikuti selama 1 semester selama masa pandemi Covid-19. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan informasi demografik responden dan persepsi mahasiswa terkait pembelajaran daring yang meliputi aspek proses belajar mengajar, kapabilitas dosen, dan sarana/ prasarana. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif teknik persentase. Berdasarkan analisis data deskriptif, ditemukan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki persepsi positif terkait pelaksanaan perkuliahan daring dalam dua aspek yaitu aspek proses belajar mengajar dan aspek kapabilitas dosen, namun memiliki persepsi negatif dalam aspek sarana dan prasarana. Keterbatasan jaringan internet dan perangkat belajar yang dimiliki oleh mahasiswa menjadi kendala bagi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring. Peneliti merekomendasikan agar dosen dapat menyediakan materi yang dapat diakses mahasiswa dengan menggunakan aplikasi yang nyaman, fleksibel, dan tidak membutuhkan bandwith maupun kuota yang besar untuk menghindari ketidaktercapaian kompetensi.

Author Biography

Ordekoria Saragih, Universitas Sari Mutiara Indonesia
Elementary Teacher Education, Faculty of Education

References

Aswasulasikin, “Persepsi mahasiswa terhadap kuliah daring di masa pandemic Corona Virus Disease (Covid-19)”, Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, Vol.7 No. 10 (2020). Diakses dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15734

Anhusadar, “Persepsi mahasiswa PAUD terhadapkuliah online di masa pandemi Covid-19”, Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 3 No.1 (2020): 44-58 DOI: https://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Bentley, Selassie, & Shegunshi, “Design and evaluation of student-focused eLearning”, Electronic Journal of E-Learning, Vol. 10 No. 1 (2012): 1–12. https://doi.org/10.1007/s10648-013-9243-1

Fajrian, H. Antisipasi Corona Nadiem Makarim Dukung Kebijakan Meliburkan Sekolah.https://katadata.co.id/. Retrieved Agustus5, 2020, from https://katadata.co.id/berita/2020/03/15/antisipasi-corona-nadiem-makarim-dukung-kebijakan-meliburkan-sekolah

Hadi, “Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19” Jurnal Zarah, Vol. 8 No.2 (2020). DOI:https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464

Kemp, J.E., & Dayton, D.K. Planning and Producing Intructional Media. Cambrige: Harper & Row Publisher, New York, 1985.

KEMENRISTEKDIKTI. Peraturan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi. 2015.

Kučírková, “Comparison of Study Results of Business English Students in e-learning and Face-to-face courses” Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, Vol. 5 No.3 (2012): 173–184. https://doi.org/10.7160/eriesj.2012.050306

Maulana, & Hamidi, “Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktik di Pendidikan Vokasi” Equilibrium: Jurnal Pendidikan, Vol. 8 No. 2 (2020): 224-231. DOI: 10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Mendikbud. Permendikbud No 04 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendikbud No 88 Tahun 2014 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum. Diakses pada 08 Agustus 2020

Mustofa; Chodzirin, & Sayekti, “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguraun Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id)” WJIT : Walisongo Journal of Information Technology, Vol.1 No. 2 (2019): 151-160. doi: 10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Nassoura, “Measuring students’ perceptions of online learning in higher education” International Journal of Scientific & Technology Research, Vol. 9 No. 4 (2020): 1965-1970. Diakses dari http://www.ijstr.org/final-print/apr2020/Measuring-Students-Perceptions-Of-Online-Learning-In-Higher-Education.pdf

Obizoba, Cordelia. "Effective facilitation methods for online teaching." International Journal of Higher Education Management Vol. 2. No. 2 (2016).

[ODLQC]. Newsletter of Open and Distance Learning Quality Council 2001 (http://www.odlqc.org.uk/odlqc/n19-e.html)

Pratiwi, “Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi Kristen di Indonesia” Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 34 No. 1 (2020): 1-8. DOI: doi.org/10.21009/PIP.341.1

Saifuddin, M. F. E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan ,(2016)102-110.

Sadikin, & Hamidah, “Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19” Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 6 No.2 (2020). DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Schunk, D.H. Learning theories: An educational perspective. Boston: Pearson, 2012.

Sutanta, E. Konsep dan Implementasi E-learning. Yogyakarta: IST Akprind, 2009.

Sugihartono, dkk.. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers, 2007.

Nugroho, Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.Suatu tinjauan aspek persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru.Varidika, 2012: 135-146.

Zimmerman, B. J. Becoming a self‐ regulated learner. Which are the key sub processes? Contemporary Educational Psychology, 1986.

Zimmerman, B.J. Becoming a self regulated learner: An overview. Theory into Practice, 2002.
Published
2020-12-01