Full Day School dan Perkembangan Psikologis Anak

Keywords: full day school, psikologi anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep full day school di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga dan di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga serta perkembangan psikologis anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara kepala sekolah, guru, siswa, dan wali siswa, serta sekunder berupa observasi dan dokumentasi kegiatan di sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru, murid, dan wali murid. Obesrvasi ini dilakukan secara non-partisipan dengan mengamati suasana sekolah, proses belajar mengajar, implementasi budaya 5S yang meliputi salam, senyum, sapa, sopan dan santun, dan pembiasaan makan siang bersama. Dokumentasi dilakukan pada kondisi fisik sekolah dan prestasi siswa. Analisis data pada penelitian adalah reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah tersebut merupakan sekolah yang melaksanakan program full day school dengan konsep pada tatanan alokasi waktu lebih lama, yaitu pagi sampai sore. Kedua sekolah tersebut mengintegrasikan antara kurikulum nasional dan lokal. Mata pelajaran tahfizh sebagai bentuk ciri khas dari sekolah. Karakteristik dari kedua sekolah tersebut adalah adanya pembiasaan-pembiasaan islami setiap hari. Proses pembelajarannya didesain dan dikemas secara menarik baik di kelas maupun di luar kelas. Masing-masing sekolah siswa-siswinya mengalami perkembangan psikologis secara berangsur-angsur baik dari segi aspek perkembangan kognitif, perilaku, emosi, sosial, dan keagamaan. Kendala yang dialami oleh guru dan siswa dari kedua sekolah tersebut adalah terkait dengan hal-hal yang sifatnya teknis, bukan karena dampak program full day school.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996.

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: Diva Press, 2010.

Azizah, Annisa Nurul, Program Full Day School dalam Pengembangan Kemandirian Siswa Kelas IV di SDIT Insan Utama Bantul Tahun Ajaran 2013/2014, Skripsi UNY, 2014.

Baharuddin. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.

Hawi, Akmal, Sistem Full-Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus di Izzuddin Palembang, Vol. 15 No. 2 (2015): 71-87.

Hidayah, N, Perbedaan Perkembangan Kognitif Anak Kelas II SD Ditinjau dari Sistem Pembelajaran Full day school dan Half Day School, (dalam https://eprints.walisongo.ac.id/303/3/BAB%20II, diunduh pada 20 Maret 2018), 2012.

Hurlock, dan Elizabeth B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga, 1996.

Kasiram, Moh. Metodologi Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Leasa, Marleny dan John Rafafy Batlolona, Full day school dalam Pembentukan Karakter Siswa SMKN 13 Kota Malang, Vol. 6, No. 1, (2017): 73-82

Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Monks, F.J., A.M.P Knoers, Siti Rahayu Haditono. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1982

Prawira, Purwa Atmaja. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Rizky, Azizah Afni, Problematika Pembelajaran System Full day school Siswa Kelas 1 SDIT Al-Irsyad Tegal, 2015.

Sabri, Alisuf. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.

Saputro, Andri Bagas, Pelaksanaan Full Day School dalam Membentuk Sikap Kedisiplinan serta Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2017.

Siregar, Lis Yulianti Syafrida. Full day school Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter (Perspektif Psikologi Pendidikan Islam), Vol. 5, No. 2, (2017): 306-319.

Singgih, Gunarsa D. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: P.T BPK Gunung Mulia, 1990.

Singgih, Gunarsa D, Gunarsa Y Singgih D. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: P.T BPK Gunung Mulia, 1990.

Sunarto, H., Hartono, Ny B Agung. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.

Suryobroto, Sumadi. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1984.

Suyadi. Psikologi Belajar PAUD “Pendidikan Anak Usia Dini”. Yogyakarta: Pedagogja, 2010.

Suyatno, Kasihani K. E. English for Young Learners. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008.

Soapatty, Lisnawati., dan Tototk Suyanto, Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full day school) Terhadap Prestasi Akademik Siswa SMP Jati Agung Sidoarjo, Vol. 2, No 2, (2014): 719-733.

Sunarto, Hartono, B Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuni, Endang Tri, Program Pengembangan Multiple Intelligence pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga Tahun 2015. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga: Fakultas Tarbiyah IAIN Salatiga. 2015.

Wening. Menjadi Orang Tua yang Asyik. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2017.

Willis, Sofyan S. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Yusuf, Syamsu dan Nani M. Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013.
Published
2020-11-29