Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku

  • Nuri Ramadhan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Negeri Medan
Keywords: Big book, Hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan  media Big book pembelajaran pada sub tema indahnya keragaman budaya negeriku pada muatan IPS di kelas IV dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 026609 Binjai. Sampel dalam penelitian ini dalah siswa kelas IV di SD Negeri 026609 Binjai Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 026609 Binjai Selatan yang beralamat di Jalan Sei Babalan Pujidadi Kecamatan Binjai Selatan. Penelitian ini dilakukan secara bertahap dari bulan Maret sampai bulan April Tahun Pelajaran 2019/2020.Teknik pengumpulan data digunakan tes dan angket. Teknik analisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan nilai gainc score diperoleh nilai rata-rata gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Sedangkan nilai gains score pada kelas kontrol yaitu 0,46 dengan kategori sedang. Hasil penelitian nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif sehingga H0 ditolak. Nilai pretest kelas eksperimen sebelum menggunakan big book rata-rata 45,28. Pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 45,12. Sedangkan nilai postes siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan big book rata-rata 86,80. Nilai posttest kelas kontrol memperole rata-rata sebesar 72,40 Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan big book sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.

Author Biography

Nuri Ramadhan, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
home base saya berada di kampus UNUSU

References

Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalamMencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: GavaMedia.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. rev.ed. Bandung:Alfabeta.

Harimurti. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Pendekatan Big book di Taman Kanak-kanak.

Hasbullah. (2005). Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrasindo Persada.

Hayati. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Jakarta: DirjenDikti. Depdiknas.

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Group.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustakakarya.

Nurrohmah, H. dan Cahyadi, A. 2016. Analisis Pemenuhan Kebutuhan Air Domestik dengan Airtanah di Daerah Aliran Sungai Kayangan Kabupaten Kulonprogo. Prosiding Seminar Nasional II Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Magister Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada

Oktavia, J. (2016). Big book dalam Pembelajaran Reading Comprehension untuk Mengembangkan Critical Reading Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Antologi UPI, 1-9.

Piaget, J, & Barbel, I (2010), Psikologi Anak, Terj. Miftahul Jannah, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadiman, A.S. (2003). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, Ria Vionita. (2017) Pengembangan Media Big Book “Kedudukan Dan Peran Anggota Keluarga Untuk Pembelajaran Ips Kelas II SDN Karang Tengah 4. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta,).

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syelviana & Hariani (2019). Pengembangan Media Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 07 Nomor 01 Tahun 2019, 2559-2569, Universitas Negeri Malang.

Smaldino, Sharon E, dkk ( 2012). Instructional Technology & Media For Learning.Pearson Education. Inc.

Solehuddin. (2008). Pembaharuan Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

United States Agency for International Development. Feed the Future Multi-Year Strategy 2011-2015. USAID. 2011
Published
2021-04-12