Strategi Implementasi Moderasi Beragama Bagi Mahasiswa (Studi Multisitus PT NU Dan PT Muhammadiyah di Kalimantan Selatan)

  • Noorthaibah Noorthaibah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Julaiha UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Strategi perguruan tinggi, moderasi beragama

Abstract

Artikel ini dilatabelakangi dari penguatan moderasi beragama. Penguatan moderasi beragama pendidikan tinggi menjadi tuntutan dunia global, Pendidikan tinggi harus memiliki konsep dan aksi terkait moderasi beragama. Di perguruan tinggi umum, persoalan moderasi beragama lebih harus diperhatikan karena faktor terbatasnya mahasiswa dalam  memperoleh materi pendidikan agama Islam. Mahasiswa hanya bersentuhan dengan para dosen pendidikan agama Islam dalam waktu yang terbatas. Pada saat bersamaan mahasiswa juga bersentuhan dengan pihak luar yang konsen dalam gerakan di bidang dakwah Islam. Hal ini menyebabkan tantangan implementasi moderasi beragama di kampus umum atau perguruan tinggi umum lebih komplek, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perguruan tinggi dalam implementasi moderasi beragama bagi mahasiswa di Universitas Nahdhatul Ulama Kalimantan Selatan (UNUKASE) dan di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB).

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoreh dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara kepada rektor dan wakil rektor, wakil dekan, dosen serta mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles, Huberman dan Sadana yang terdiri dari kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Temuan penelitian ini strategi implementasi moderasi beragama bagi Mahasiswa di Universutas Nahdhatul Ulama Kalimantan Selatan (UNUKASE) dilakukan dengan cara kebijakan kurikulum, mengarahkan para dosen  mengangkat tema moderasi beragama baik itu di lingkungan kampus maupun di masyarakat, hanya menerima dosen yang lulus MKNU, pada saat masa oreintasi mahasiswa baru kampus memberikan materi keaswajaan yang didalamnya berisi materi dan nilai moderasi beragama, menfasiltasi mahasiswa dengan kajian-kajian akademik serta melakukan kerjasama dengan lembaga terkait, di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin ditemukan hal yang sama yaitu adanya kebijakan kurikulum dengan cara mewajibkan seluruh mahasiswa mengikuti mata kuliah Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) 8-10 sks, selektif dalam menerima tenaga pengajar, menyediakan lembaga kajian keislaman dan keindonesian (darul Arkam).

References

Akdon, Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan), (Bandung: Alfabeta, 2006)
Ali Muhtarom, et,all, Integrasi Moderasi Beragama dalam Mata Pelajaran PAI, (JakartaL Kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan INOVASI Fase II, 2021),
Aziz, Abdul, & Anam, A. Khairul, Moderasi Beragama: Berlandaskan Nilai-nilai Islam (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2021)
Aziz, Aceng Abdul, dkk, Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam, (Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Dirjen Pendis Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa, 2019)
Chairunnisa, Connie (2016), Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Freddy Rangkuti, Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: PT Gramedia: Pustaka Utama, 2014
Hardani dkk. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu. 2020
Hiqmatunnisa, Harin dan Az-Zafi, Ashif, “Penerapan Nilai-nilai Moderasi Islam dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN menggunakan Konsep Problem Based Learn,” Jurnal JIPIS 29, no. 01 (2020)
Jainuri, Achmad, “Radikalisme Islam: Akar Ideologi dan Tuntutan Aksi”, Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Suara Muhammadiyah dengan tema “Moderasi Beragama, 2019
Kementerian Agama RI, ed., Moderasi beragama, Cetakan pertama (Jakarta: Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2019
Kusumastuti, Adhi dan Ahmad Mustamil Khoiron. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo. 2019
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebooks (3rd ed.). SAGE Publications, Inc
Miles, Mattew,B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Misrawi, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan, (Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2010
Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Agus & Muryono, Sigit (2021) Jalan Menuju Moderasi : Modul Penguatan Moderasi Beragama Bagi Guru, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendiidkan Islam Kementerian Agama RI
Ni’matuzahroh dan Susanti Prasetyaningrum (2018), Observasi Teori dan Aplikasi dalam Psikologi, Malang: Universitas Muhammadiyah
Qomar, Mujamil, Moderasi Islam Indonesia: Wajah Keberagamaan Prograsif, Inklusif fan Pluralis (Yogyakarta: IRCiSoD, 2021),
Raihani, Kepemimpinan Sekolah Transformatif, (Yogyakarta: Lkis Printing Cemerlang, 2012), Cet 3
Shihab, M. Quraish, Wasathiyah (Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama), (Tanggerang: Lentera Hati, 2019)
Suharto, Babun et.all, Moderasi Beragama Dari Indonesia Untuk Indonesia, (Yogyakarta: LkiS, 2019
Budio, Sesra, Strategi Manajemen Sekolah, dalam Jurnal : MENATA, Vol. 2, No. 2, 2019, 58.
Published
2023-12-22