Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk membuat media pembelajaran video animasi yang secara teori valid dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Subjek yang diujikan adalah siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dari Borg & Gall, yang disesuaikan berdasarkan 6 tahapan sebagai berikut: 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) perbaikan desain, 5) revisi desain, dan 6) uji coba produk. Instrumen yang digunakan adalah angket dan analisis data yang digunakan adalah skala Likert dan menggunakan skala Gutman. Hasil penelitian pengembangan ini melalui uji kelayakan oleh enam validator, diperoleh persentase skor 85% untuk validator media pertama, 88% untuk ahli media kedua, menunjukkan 100% ahli materi pertama dan ahli materi kedua 93% dan 95% untuk validasi bahasa pertama dan ahli bahasa kedua 93%. Skor hasil penilaian dari 87% uji coba terbatas dari 72% uji coba skala kecil, diuji kembali dengan hasil posttest skala besar pencapaian 89% dan respon siswa sangat efektif, persentase ketercapaian 90% untuk mencapai tujuan pembelajaran pada materi sifat-sifat cahaya pelajaran IPA di kelas IV SDN Malaka Sari 03 Jakarta.
References
Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arditya Isti, L., Agustiningsih, A., & Aguk Wardoyo, A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 21–28. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7494
Azhar Arsyad. (2019). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.
Budiman, H. (2017). Pengaruh Model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Meningkatkan Literasi Sains dan Teknologi ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 75–83.
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Imamah, N. (2012). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2010
Isti Arditya, L. (2017). Pengembangan Media Video Animasi Tema 5 Fokus Bahasan Sifat-Sifat Cahaya dan Keterkaitannya Dengan Indra Penglihatan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 9–35. http://repository.unimus.ac.id/411/
Isti, L. A., Agustiningsih, & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 21–28.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893–903.
Muji. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual. Pancaran, 3(4), 1–14.
Nurdiyanti, S. (2019). Implementasi Media Visual Dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4 . 0. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 642–650.
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.
Pradana, D., Abidin, Z., & Adi, E. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p096
Prasetyo, S. (2015). Pengembangan Media Lectora Inspire dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 319–337. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.319-337
Pratiwi, R. W. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 09(08), 2969–2982.
Sari, S. G., Ambiyar, A., Aziz, I., & Leffega, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Materi Penjumlahan Pada Kelas I SDN 52 Parupuk Tabing (Studi Berdasarkan Asesmen). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1207–1216. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.359
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Uryanti, U. W., & Kartowagiran, D. B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 232–245.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.
Zulkifli, Z. (2018). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 18–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1170